Senin 27 Sep 2021 23:25 WIB

Tipe-X: Lagu 'Jangan Miskin' Bangun Mental Baru Anak Muda

Anak muda sekarang harus mempunyai mimpi besar.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Ani Nursalikah
Tipe-X: Lagu Jangan Miskin Bangun Mental Baru Anak Muda. Band beraliran ska, Tipe-X, baru saja merayakan hari jadinya yang ke-26 dengan mengadakan konser virtual, Ahad (26/9). Konser tersebut bisa diakses secara gratis melalui channel YouTube Tipe-X Official.
Foto: Tangkapan layar
Tipe-X: Lagu Jangan Miskin Bangun Mental Baru Anak Muda. Band beraliran ska, Tipe-X, baru saja merayakan hari jadinya yang ke-26 dengan mengadakan konser virtual, Ahad (26/9). Konser tersebut bisa diakses secara gratis melalui channel YouTube Tipe-X Official.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Band beraliran ska, Tipe-X, baru saja merayakan hari jadinya yang ke-26 dengan mengadakan konser virtual, Ahad (26/9). Konser tersebut bisa diakses secara gratis melalui channel YouTube Tipe-X Official.

Dibuka dengan band indie Orind yang membawakan tiga lagu. Setelah itu, Tipe-X memasuki lokasi yang sudah dinanti-nantikan XFriend. Sebelum memulai bernyanyi, sang vokalis, Tresno Riadi, menceritakan lagu "Jangan Miskin".

Baca Juga

Menurut dia, pesan dalam sebuah lagu sudah berubah dulu dan sekarang. “Dulu itu kan slogannya biar miskin asal bahagia, itu hanyalah penenang keadaan. Ambigu,” ucap Tresno dalam Konser Virtual 26 Tahun Anniversary Tipe-X.

"Jangan Miskin" merupakan lagu untuk coba membangun mental baru anak-anak muda Indonesia. Anak muda sekarang, menurut dia, harus mempunyai mimpi besar. Penting untuk kaya harta, tetapi juga harus kaya keterampilan dan kaya ilmu.

“Kenapa lu ga mikir, ‘Gue mau punya pesawat terbang, gue mau punya gedung’, macam-macamlah. Jadi lu sejajarin diri lu sama orang-orang yang menurut lu sukses. Kaya bukan cuma harta, lu harus kaya skill, kaya ilmu, itu buat lu lebih dihargai sama orang lain,” ujar dia.

Ketika keterampilan dan ilmu sudah dikuasai anak muda, lalu berbuat sesuatu dengan keterampilan dan ilmu itu. Tresno meyakini harta akan datang.

Gue nggak setuju kalau anak muda Indonesia itu standarnya rendah. Lu harus siapin masa depan sebaik mungkin, kompetitif, itu anak Indonesia, jangan memble,” katanya.

Setelah berbincang sedikit tentang "Jangan Miskin" yang mereka nyanyikan bersama Goliegong, Tipe-X mulai membawakan lagu-lagu andalan mereka di tiap album. Artinya, dalam satu album mereka membawakan satu lagu.

Lagu pertama yang mereka nyanyikan adalah dari album pertama, "Angan". Suara Tresno dan permainan musik dari personel lainnya juga masih terasa sama vibe-nya.

Lagu kedua dari album kedua adalah "Salam Rindu". Lagu ini juga merupakan hits dari band yang berdiri sejak 1995 itu. Begitu pula lagu-lagu lain yang mereka nyanyikan dari album lainnya.

Ada juga sesi potong tumpeng sebagai rasa syukur mereka yang sudah berjalan jauh hingga sekarang. Konser berlangsung sejak pukul 20.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement