Senin 27 Sep 2021 15:16 WIB

Jokowi Ajak Masyarakat Sambut Pandemi Jadi Endemi

Meski kasus sudah turun, tapi Covid-19 tak akan hilang dalam waktu yang cepat.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Andi Nur Aminah
Presiden Joko Widodo (tengah) saat meninjau vaksinasi merdeka (ilustrasi)
Foto: Dok. Institut Pertanian Bogor
Presiden Joko Widodo (tengah) saat meninjau vaksinasi merdeka (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh masyarakat agar bersiap diri untuk hidup berdampingan dengan Covid-19 serta menyambut pandemi sebagai endemi. Sebab, meskipun penurunan kasus telah terjadi di Indonesia, namun Covid-19 tak akan hilang dalam waktu yang cepat.

“Kini, kita bersiap untuk hidup berdampingan dengan Covid-19 dan menyambut pandemi ini sebagai endemi, karena Covid-19 tak kan hilang dari muka bumi dalam waktu yang cepat,” kata Jokowi dalam akun resmi Instagramnya yang diunggah pada Senin (27/9).

Baca Juga

Jokowi mengatakan, setelah satu setengah tahun Indonesia harus berjuang melawan pandemi Covid-19, kini kondisi Indonesia mulai membaik dalam beberapa pekan terakhir ini. Rumah-rumah sakit di berbagai daerah pun kini tak lagi dipenuhi oleh para pasien Covid-19. Begitu juga dengan pusat isolasi mandiri di berbagai daerah di Tanah Air yang sudah mulai kosong.

Tak hanya itu, status level PPKM di berbagai daerah juga tercatat telah menurun. Bahkan, pusat perbelanjaan, rumah ibadah, tempat wisata sudah mulai dibuka, begitu juga dengan sekolah yang mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka. “Tentu ini berkat penerapan PPKM, vaksinasi massal, serta kesadaran masyarakat menjalankan protokol kesehatan,” ucap Jokowi.

 

Meskipun begitu, ia meminta agar seluruh masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaannya terhadap potensi penularan Covid-19. “Tetaplah waspada dan jangan pernah lengah. Covid-19 tetap mengintai di sekitar kita,” tambah dia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement