Senin 27 Sep 2021 15:15 WIB

IPB dan BPI-BRIN Buat Oxygen Concentrator dari Bahan Lokal

Zeolite yang digunakan untuk membuat oxygen concentrator ini berasal dari Indonesia.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Dwi Murdaningsih
Oxigen Concentrator. ilustrasi
Foto:

 

Lantaran berasal dari Indonesia, Zaenal menilai Indonesia tidak perlu lagi mengimpor zeolite dari luar. Termasuk bahan kimia lain yang digunakan dan para peneliti yang menciptakan oxygen concentrator tersebut.

“Karena zeolit yang berasal dari alam, itu kandungan zeolitnya rata-rata 40 hingga 60 persen. Kali ini kita buat zeolit yang kemuriannya di atas 70 persen. Nah, zeolit yang 70 persen ini kita buat dari mineral yang bahannya ada di Indonesia,” kata dia.

Selain untuk mengatasi kebutuhan oksigen di tengah pandemi Covid-19, oxygen concentrator ini dapat diintegrasikan dengan fine bubble generator dan ozon generator. Dosen Departemen Teknik Mesin dan Biosistem IPB University Y. Aris Purwanto mengatakan, OxIL  dapat diaplikasikan di bidang pertanian dan pembuatan oxygenated water atau air berkandungan oksigen.

“Ini aplikasinya banyak sekali. Salah satunya untuk mempercepat penyiapan benih. Juga untuk air minum yang diinjeksikan dengan oksigen. Jadi oxygenated water. Jadi air mineral yang mengandung oksigen yang tinggi,” jelasnya.

Aris mengatakan, fine bubble generator dan ozon generator itu sudah diuji coba di tanaman bawang putih. Serta untuk dijadikan oksigen suplemen setelah berolahraga.

 

“Kalau kita coba cari referensi di jurnal-jurnal itu untuk mempercepat menghilangkan asam laktat. Jadi untuk lebih cepat recovery kalo kita capek dan sebagainya,” ucap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement