Tuesday, 13 Rabiul Awwal 1443 / 19 October 2021

Tuesday, 13 Rabiul Awwal 1443 / 19 October 2021

Empat Delegasi Brasil dari Sidang PBB Positif Covid-19

Senin 27 Sep 2021 12:54 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini

Presiden Brasil Jair Bolsonaro

Presiden Brasil Jair Bolsonaro

Foto: AP/Eraldo Peres
Hasil tes Presiden Brasil Jair Bolsonaro pada Ahad (26/9) dinyatakan negatif.

REPUBLIKA.CO.ID, BRASILIA -- Presiden Bank Federal Caixa Economica Pedro Guimaraes dinyatakan positif Covid-19 sejak kembali dari sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York. Dia adalah delegasi keempat Brasil yang terkena infeksi virus corona.

Guimaraes mengatakan, dia telah menerima vaksinasi lengkap sebelum menghadiri sidang PBB. Guimaraes mengatakan, dia tidak menunjukkan gejala, dan telah menjalani isolasi mandiri sejak Rabu ketika dia kembali ke Brasil dari New York.

Baca Juga

Sebelumnya Menteri Kesehatan Marcelo Queiroga, putra Bolsonaro Eduardo, dan seorang diplomat juga dinyatakan positif Covid-19. Queiroga terinfeksi virus korona ketika berada di sidang PBB. Saat ini, dia masih menjalani isolasi mandiri di sebuah hotel di New York.

Sementara itu, hasil tes Presiden Brasil Jair Bolsonaro pada Ahad (26/9) dinyatakan negatif. Seluruh delegasi Brasil, termasuk Bolsonaro menjalani isolasi mandiri setelah kembali dari New York. Mereka diduga melakukan kontak dengan menteri kesehatan.

Sebelumnya, Bolsonaro bersama delegasi Brasil lainnya melakukan makan malam pertama dengan sepotong pizza di tepi jalanan New York. Mereka tidak bisa bersantap mewah di restoran New York, karena harus menunjukkan bukti vaksin Covid-19.

Bolsonaro dikenal skeptis dengan vaksin Covid-19. Sebelum berangkat ke New York, pemimpin populis sayap kanan tersebut mengatakan bahwa dia tidak perlu divaksin. Dia mengatakan kekebalan tubuhnya sudah kuat untuk menangkal virus corona. Sebelumnya, Bolsonaro pernah dinyatakan positif Covid-19.

Dua menteri Kabinet Brasil mengunggah foto Bolsonaro dan para penasehatnya sedang menikmati sepotong pizza di trotoar New York pada Ahad (19/9) malam. Pendukung Bolsonaro mengatakan, presiden Brasil itu tampil sederhana karena memilih untuk makan pizza di tepi jalan ketimbang restoran mewah. 

Dalam sebuah pertemuan pada Senin (20/9), Perdana Menteri Inggris Boris Johnson bertanya kepada Bolsonaro apakah dia sudah divaksin. Secara blak-blakan, Bolsonaro menjawab, "Belum".

Wali Kota New York Bill de Blasio mengimbau para pemimpin dunia, terutama Presiden Bolsonaro untuk divaksinasi sebelum menghadiri pertemuan PBB.  “Jika Anda tidak ingin divaksinasi, jangan repot-repot datang,” kata de Blasio. 

sumber : Reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA