Senin 27 Sep 2021 11:54 WIB

'Infrastruktur Digital Mampu Hadapi Disrupsi Akibat Pandemi'

Kemajuan teknologi berkontribusi pada peningkatan transparansi dan efisiensi.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Friska Yolandha
Ilustrasi belanja online. Perwakilan tetap Saudi untuk PBB Abdallah Al-Mouallimi mengatakan infrastruktur digital Arab Saudi telah memungkinkan sektor publik dan swasta untuk menghadapi tantangan yang menghancurkan akibat pandemi Covid-19.
Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Ilustrasi belanja online. Perwakilan tetap Saudi untuk PBB Abdallah Al-Mouallimi mengatakan infrastruktur digital Arab Saudi telah memungkinkan sektor publik dan swasta untuk menghadapi tantangan yang menghancurkan akibat pandemi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Perwakilan tetap Saudi untuk PBB Abdallah Al-Mouallimi mengatakan infrastruktur digital Arab Saudi telah memungkinkan sektor publik dan swasta untuk menghadapi tantangan yang menghancurkan akibat pandemi Covid-19. Dipandu oleh program transformasi nasional, kemajuan teknologi Kerajaan telah berkontribusi pada peningkatan efisiensi digital.

Al-Mouallimi membuat pernyataan ini selama acara sampingan tingkat tinggi yang diselenggarakan oleh Organisasi Kerjasama Digital (DCO) dengan tema 'Membentuk Era Digital yang Komprehensif' sebuah organisasi global yang baru-baru ini didirikan yang bekerja untuk mencapai kemakmuran digital untuk semua. “Dipandu oleh program transformasi nasional, kemajuan teknologi Kerajaan telah berkontribusi pada peningkatan tingkat transparansi dan efisiensi digital,” kata Al-Mouallimi yang dikutip di Arab News, Senin (27/9). 

DCO bekerja dengan pemerintah, sektor swasta, organisasi internasional dan nonpemerintah, serta masyarakat sipil untuk mendorong transformasi digital yang inklusif dan pertumbuhan industri digital. Badan tersebut terdiri dari tujuh negara anggota, termasuk Arab Saudi, Bahrain, Yordania, Kuwait, Nigeria, Oman, dan Pakistan, dan membuka kesempatan bagi anggota baru yang memiliki tujuan yang sama untuk memberdayakan pemuda, wanita, pengusaha dan transformasi digital.  

Dalam sambutannya, Al-Mouallimi menyoroti pencapaian digital Kerajaan dan upaya DCO selama pandemi. “Mereka membantu memungkinkan untuk bekerja dari jarak jauh dan beradaptasi dengan kondisi baru yang diberlakukan oleh pandemi,” kata duta besar.

Ia menambahkan bahwa dunia sedang mengalami pergeseran menuju transformasi digital dengan kecepatan yang lebih cepat daripada sebelumnya. Digitasi menciptakan peluang dan tantangan yang melampaui batas, menjadikan kolaborasi digital sebagai elemen penting dalam memfasilitasi transformasi digital di tingkat internasional.

“Sehingga masa depan digital kita harus lebih inklusif dan upaya global memastikan bahwa teknologi tersedia untuk semua,” katanya.

Al-Mouallimi menggarisbawahi bahwa kerja sama multilateral diperlukan untuk memenuhi tantangan dan peluang digital. Negara-negara harus memanfaatkan potensi penuh mereka untuk berintegrasi ke era digital, terutama bergantung pada kolaborasi global. Dia mengatakan bahwa DCO menekankan mempromosikan kerja sama digital untuk memenuhi tantangan saat ini.

“Tujuan inti DCO adalah tentang mempercepat pertumbuhan ekonomi digital, serta mempromosikan kemakmuran sosial untuk mencakup semua,” kata utusan itu.

Dia mengatakan bahwa Kerajaan mempercepat pertumbuhan ekonomi digital di kawasan dan di seluruh dunia sebagai anggota DCO, menekankan bahwa Kerajaan akan melanjutkan komitmennya untuk memaksimalkan kemampuan digital di tingkat nasional dan internasional.

“Kerajaan telah menempatkan digitalisasi di garis depan kemajuan teknologi yang dicarinya, dan sebagai hasilnya, beberapa pencapaian luar biasa telah memungkinkan Arab Saudi membuat kemajuan signifikan dalam indikator global, peringkat pertama di antara negara-negara G20 dalam daya saing digital menurut Pusat Daya Saing Digital Eropa.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement