Saturday, 17 Rabiul Awwal 1443 / 23 October 2021

Saturday, 17 Rabiul Awwal 1443 / 23 October 2021

Ini Alasan Memilih Jurusan Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak

Senin 27 Sep 2021 12:12 WIB

Red: Gita Amanda

Tren dunia IT (Information Technology) seringkali menjadi tujuan utama generasi muda memilih jurusan kuliah yang tepat dengan menimbangkan prospek karir di masa depan.

Tren dunia IT (Information Technology) seringkali menjadi tujuan utama generasi muda memilih jurusan kuliah yang tepat dengan menimbangkan prospek karir di masa depan.

Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Kemajuan teknologi saat ini menjadi faktor yang mempengaruhi dunia tenaga kerja

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kemajuan teknologi saat ini menjadi faktor yang mempengaruhi dunia tenaga kerja, hal tersebut tak bisa dipungkiri lagi. Berbagai bidang industri kerja, semuanya terpaut dengan teknologi, tak ayal kebutuhan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) pun meningkat. Tren dunia IT (Information Technology) seringkali menjadi tujuan utama generasi muda memilih jurusan kuliah yang tepat dengan menimbangkan prospek karir di masa depan.

Contohnya saja, jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) yang memiliki banyak peminat. Jurusan satu ini tentunya, dapat memasuki semua bidang industri kerja, karena tidak hanya membahas seputar software computer. Jurusan RPL juga mempelajari pemrograman, mulai dari website, Android, hingga dekstop. Tidak hanya itu saja, RPL juga melirik pembuatan game dan memecahkan berbagai masalah melalui algoritma.

Berikut beberapa alasan harus memilih kuliah jurusan RPL:

1. Prospek karir yang jelas

Pesatnya perkembangan teknologi kian hari membuat kuliah jurusan RPL tak akan pernah usang, sehingga prospek karir jurusan ini selalu akan dicari oleh berbagai perusahaan. Peluang karir jurusan RPL bisa melingkupi, software engineer/programmer, mobile computing developer, IT Consultant, System analyst, game developer, software tester dan masih banyak lagi prospek karir lainnya.

2. Semua perusahaan membutuhkan Tenaga IT

Setiap perusahaan atau industri bahkan instansi pemerintahan pasti membutuhkan tenaga IT, disinilah peran lulusan RPL sangat diperlukan. Pasalnya, tak semua orang diperusahaan atau industri tersebut, bisa melakukan pekerjaan yang memang hanya dikuasai oleh tenaga IT, misalnya saja seorang programmer yang membantu membuatkan semua sistem aplikasi yang diperlukan oleh perusahaan untuk memudahkan pekerjaan mereka.

3. Bisa menjadi startup founder

Lulusan RPL tak harus melulu tentang mencari pekerjaan dan mondar-mandir melamar pekerjaan di berbagai perusahaan. Jago ngoding dan membuat berbagai web atau aplikasi menjadi nilai jual bagi lulusan ini untuk mantap mendirikan perusahaan startup.

4. Kerja tak harus dikantor

Siapa yang masih berpikir jika kerja harus datang ke kantor? Jurusan RPL membuktikan bahwa kerja tidak hanya harus dikantor lho. Bidang pekerjaan yang bisa disusupi oleh jurusan ini seperti programmer, bisa dilakukan dimana saja.

Ngoding hanya perlu duduk santai dirumah didepan komputer dan ruangan ber-AC. Bahkan adanya pandemi ini, juga menjadi salah satu hal menguntungkan bagi lulusan ini, karena beberapa perusahaan menerapkan Work from Home atau remote working.

5. Gaji yang dimiliki cukup besar

Jika tujuan utama bekerja adalah masalah nominal gaji, jurusan RPL layak dipertimbangkan. Jurusan ini memiliki gaji yang cukup besar perbulannya. Profesi cloud computing engineers memiliki range gaji hampir Rp 10 juta per bulan. Bahkan situs payscale.com menjabarkan bahwa profesi Information Technology Leadership memiliki gaji berkisar Rp 12 juta per bulannya.

Pesatnya ekosistem pengguna perangkat mobile dan data internet (big data), harus dibarengi dengan ketersediaan tenaga kerja di bidang perangkat lunak atau arsitek dunia virtual. Sukses memilih jurusan kuliah yang tepat, juga harus tepat pula memilih perguruan tinggi untuk meniti karir yang sesuai dengan passion.

Pasalnya, tak semua perguruan tinggi di Indonesia memiliki jurusan kuliah RPL yang sanggup membantu lulusannya, menjadi arsitek dunia virtual. Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menjadi pilihan yang layak dipertimbangkan. Sebagai perguruan tinggi yang berfokus menciptakan lulusan handal yang unggul di bidang ekonomi kreatif pada tahun 2033.

Universitas BSI memiliki jurusan RPL (S1) yang sangat cocok untuk generasi milenial di era industri 4.0, karena program studi (prodi) RPL dirancang untuk menghasilkan lulusan yang dapat memahami dan menerapkan prisnsip engineering.

Prodi RPL Universitas BSI memiliki mata kuliah unggulan seperti, Internet of Things (IoT), Embedded System, Rekayasa Perangkat Lunak, Mobile Programming dan Cloud Computing.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA