Bupati Mimika Berharap Kehadiran PON Bisa Berdampak Positif

Red: Muhammad Akbar

Bupati Mimika, Papua Eltinus Omaleng.
Bupati Mimika, Papua Eltinus Omaleng.
Foto: Antara
semua pihak harus melakukan yang terbaik dalam mendukung kegiatan ini.

REPUBLIKA.CO.ID, MIMIKA — Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengaku bangga daerahnya menjadi salah satu klaster bagi penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021. Ia berharap hadirnya olahraga multicabang ini akan memberikan dampak positif terhadap pengembangan daerahnya ke depan.

"Saya bangga sekali, kami salah satu kabupaten yang umurnya masih umur baru 21 tahun tapi negara memilih Kabupaten Mimika sebagai penyelenggara PON XX Papua," katanya, dikutip dari laman InfoPublik, Senin (27/9).

Atas penunjukan wilayah di atas, Eltinus mengimbau, seluruh jajarannya untuk memastikan penyelenggaran ajang olahraga tingkat nasional ini dapat berjalan dengan lancar. Dengan cara, kata dia, semua pihak harus melakukan yang terbaik dalam mendukung kegiatan ini.

“Salah satunya adalah dengan mengurus secara optimal para relawan, ofisial, hingga atlet. Pastikan unsur-unsur itu diperlakukan dilayani sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan kala penyelenggaraan PON XX Papua,” katanya.

"Harap diperhatikan tim relawan tempat mereka makan dan minum Jangan sampai ada makanan basi. Ingat itu baik-baik," lanjutnya lagi.

Beberapa waktu lalu, Juara IFSC World Cup 2021 Veddriq Leonardo mengatakan, PON XX Papua berpeluang meningkatkan kualitas atlet dari cabang Cabor Panjat Tebing Indonesia pada kancah internasional. Sebab, di ajang ini banyak kehadiran atlet-atlet dari berbagai kontingen daerah yang memiliki kemampuan yang setara antara satu sama lainnya.

Baca juga : Usai Diperiksa Puspomad, Brigjen Junior Pagi Ini ke Mabesad

Terselenggaranya PON XX Papua, lanjut dia, disinyalir efektif menempa kemampuan dari para atlet panjat tebing yang ada di Indonesia. Sehingga, para atlet tersebut akan terpacu melatih dirinya untuk mengapai penampilan yang terbalik dalam ajang olahraga tingkat nasional tersebut.

Dengan begitu, kemampuan atlet akan semakin terasah tajam ketika mengikuti setiap kompetisi cabor olahraga di atas. Dampaknya, peluang atlet dalam menorehkan prestasi pada setiap ajang yang diikutinya di masa mendatang akan terbuka sangat lebar.       

"Pekan olahraga ini punya atmosfer yang sama dengan kejuaraan dunia karena memang yang mengikuti Pon ini atlet yang luar biasa. Mantan-mantan atlet jelas dunia juga," ujar Juara IFSC World Cup 2021 Veddriq Leonardo dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang bertajuk "PON XX Papua: Target Prestasi Kelas Dunia, beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Komentar

Terkait


Pengunjung berfoto di replika perahu puncak pemancar Polimak, Kota Jayapura, Papua, Senin (20/9/21). Puncak pemancar polimak dikenal dengan ?Puncak Jayapura City salah satu destinasi wisata untuk melihat panorama Kota Jayapura dan Samudra Pasifik dari ketinggian yang menjadi daya tarik PON Papua kluster Kota Jayapura.

PON Bisa Jadi Momentum Dongkrak Pariwisata Papua

Atlet sepatu roda putri DKI Jakarta memacu kecepatan saat uji coba lintasan di Venue Sepatu Roda Buper Waena, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (18/9/2021). Tim sepatu roda DKI Jakarta menargetkan 12 medali emas pada PON Papua.

Cabang Sepatu Roda PON Papua Diikuti 16 Provinsi

Pesepak takraw Leni berlatih mandiri di Tukdana, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Senin (15/6/2020). Sejak Maret 2020 Leni dan saudara kembarnya, Lena berlatih secara mandiri saat masa pandemi COVID-19 untuk menjaga kondisi mereka agar dapat tampil maksimal dalam Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX Papua dan meningkatkan prestasi dalam Sea Games 2021 Vietnam

Sepak Takraw Jambi Raih Perunggu

Deputi Bidang Pencegahan BNPB Dra. Prasinta Dewi, M.A.P membagikan masker kepada penjual/toko di sekitaran mal Diana Shopping center kota Timika (26/9).

BNPB Terus Siapkan Relawan untuk Penguatan Prokes PON Papua

logo PON XX Papua

Dua Cabor Kontingen Jambi Mulai Berlaga di PON Papua

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image