Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

Anggota DPR dan LAZ Al Bunyan Edukasi Program OJK

Senin 27 Sep 2021 09:10 WIB

Red: Gita Amanda

Paket stimulus lanjutan OJK, (ilustrasi). Anggota Komisi XI DPR RI Ecky Awal Muharram turun langsung ke tengah-tengah masyarakat bersama beberapa relawan LAZ Al Bunyan di enam Kecamatan Kota Bogor dalam proses Penyuluhan Program Stimulus OJK kepada masyarakat terdampak Covid-19.

Paket stimulus lanjutan OJK, (ilustrasi). Anggota Komisi XI DPR RI Ecky Awal Muharram turun langsung ke tengah-tengah masyarakat bersama beberapa relawan LAZ Al Bunyan di enam Kecamatan Kota Bogor dalam proses Penyuluhan Program Stimulus OJK kepada masyarakat terdampak Covid-19.

Foto: Republika
Banyak masyarakat belum mengetahui kebijakan stimulus OJK padahal dapat dimanfaatkan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi XI DPR RI Ecky Awal Muharram turun langsung ke tengah-tengah masyarakat bersama beberapa relawan LAZ Al Bunyan di enam Kecamatan Kota Bogor dalam proses Penyuluhan Program Stimulus OJK kepada masyarakat terdampak Covid-19. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengurangi beban masyarakat terutama bagi yang telah mengalami kehilangan pekerjaan dan terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Menurut Ecky, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui kebijakan stimulus OJK ini, padahal sangat besar manfaatnya. Salah satu yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat adalah kebijakan restukturisasi, yaitu pengajuan keringanan pembayaran cicilan di bank atau leasing.

Dalam leaflet yang turut dibagikan dalam kegiatan penyuluhan dijelaskan, pemberian keringanan ini diutamakan untuk usaha kecil yang terkena dampak Covid-19 dengan nilai pinjaman hingga di bawah Rp 10 miliar, terutama UMKM, pekerja harian, nelayan, ojek online, dan usaha kecil yang mengalami kesulitan membayar cicilan. Kebijakan ini akan besar dampaknya dalam membantu ekonomi masyarakat dan di sisi lain tetap menjaga stabilitas keuangan secara nasional.

“Pemerintah dan OJK sudah seharusnya meringankan pembayaran leasing untuk UMKM dan pekerja informal setidaknya satu tahun serta memberikan keringanan atau penundaan pembayaran tanpa batasan plafon sesuai kemampuan debitur dan disepakati bank atau lembaga leasing,” ujar Ecky.

Selain memberikan sosialisasi, Ecky dan Al Bunyan juga membagikan sembako kepada 550 kepala keluarga yang terdampak ekonominya karena pandemi Covid-19. Rangkaian acara dilaksanakan door to door langsung kepada masyarakat di Kota Bogor pada Ahad (26/9).

Baca juga: OJK Cabut Izin Usaha Group Lease Finance Indonesia

Ecky yang merupakan anggota DPR RI asal dapil Jawa Barat III ini menuturkan, bantuan yang diberikan mungkin belum dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sepenuhnya, namun semoga dapat meringankan beban mereka yang telah lebih dari satu tahun ini berjuang mengatasi kebutuhan keluarga selama pandemi.

Hafidz Eka Saputra, Manajer Pemberdayaan Ekonomi LAZ Al Bunyan menerima penyerahan bantuan ini secara simbolis dan menyampaikan terima kasih kepada OJK dan Ecky selaku anggota DPR RI. Kegiatan edukasi, sosialisasi serta penyerahan bantuan sembako ini sangat bermanfaat bagi keluarga terdampak pandemi yang juga merupakan asnaf penerima zakat Al Bunyan. Masyarakat yang kondisi ekonominya belum pulih sejak pandemi melanda tahun lalu tentu akan dapat memanfaatkan pengetahuan dan bantuan ini dengan sebaik-baiknya.

"Kami berharap hal ini dapat menjadi jalan kebaikan bagi semua pihak yang berperan hingga bantuan ini dapat sampai kepada tangan-tangan yang membutuhkan,” lanjut Hafidz.

Penerapan kebijakan yang mendukung stimulus pertumbuhan ekonomi dalam penyuluhan ini berlaku hingga 31 Maret 2022. Informasi lebih lanjut mengenai Program Stimulus OJK ini dapat diakses juga pada website resmi OJK. (ADV)

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA