Friday, 16 Rabiul Awwal 1443 / 22 October 2021

Friday, 16 Rabiul Awwal 1443 / 22 October 2021

Arteta Dedikasikan Kemenangan Atas Spurs untuk Fan Arsenal

Senin 27 Sep 2021 02:26 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Pelatih Arsenal Mikel Arteta.

Pelatih Arsenal Mikel Arteta.

Foto: EPA-EFE/NEIL HALL
Penampilan Arsenal kontra Spurs bisa jadi acuan di laga-laga berikutnya.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, mendedikasikan kemenangan di edisi perdana derbi London Utara pada musim ini buat para pendukung the Gunners. Lewat gol yang masing-masing dicetak Emille Smith-Rowe, Pierre Emerick-Aubameyang, dan Bukayo Saka, Arsenal berhasil membungkam rival abadinya, Tottenham Hotspur, 3-1, Senin (27/9) dini hari WIB.

Dalam laga yang digelar di Stadion Emirates tersebut, Arsenal memang tampil cukup impresif. The Gunners begitu nyaman dan percaya diri untuk bisa mengendalikan permainan.

Ujungnya, laga baru berjalan 12 menit, Arsenal bisa unggul lewat sepakan Smith-Rowe dari dalam kotak penalti usai memanfaatkan umpan tarik Saka. Tidak berhenti sampai di situ, pada menit ke-27, Aubameyang menyelesaikan serangan balik the GUnners dan merobek gawang tim tamu.

Dengan skema yang serupa, Arsenal menggandakan keunggulan pada menit ke-34 lewat gol Saka. Untuk pertama kalinya dalam sejarah derbi London Utara di Liga Primer Inggris, Arsenal bisa unggul tiga gol atas Spurs saat laga baru berjalan 34 menit. Kemenangan ini kemudian mendongkrak posisi Arsenal di klasemen sementara Liga Primer Inggris.

Sempat terpuruk di dasar klasemen pada awal musim ini, Arsenal akhirnya bisa beranjak dan menempati peringkat kesepuluh dengan raihan sembilan poin dari enam laga. The Gunners pun sukses menjaga momentum kebangkitannya dengan meraih kemenangan beruntun di tiga laga terakhir Liga Primer.

Padahal, Arsenal tercatat melakoni start terburuk di sepanjang sejarah partisipasi di Liga Primer Inggris setelah menelan kekalahan beruntun dan gagal mencetak gol di tiga laga awal musim ini.

Arteta pun menyebut, kemenangan atas Spurs ini menjadi persembahan dan ucapan terima kasih dari anak-anak asuhnya buat para suporter the Gunners, yang tetap setia mendukung timnya. Kemenangan ini, lanjut Arteta, telah memperbaiki hubungan para suporter dengan yang sempat memburuk menyusul performa mengecewakan Arsenal pada awal musim ini.

''Para suporter terus mendukung klub ini dan para pemain. Kemenangan ini untuk mereka. Saat Anda tengah membangun tim dan berusaha memberikan yang terbaik, Anda harus percaya dengan nilai-nilai yang ada di tim ini. Sekarang, kami telah menciptakan hubungan yang baik dengan para suporter,'' kata Arteta seperti dilansir BBC, Senin (27/9).

Pelatih asal Spanyol itu menilai, performa anak-anak asuhnya di laga kontra Spurs dapat menjadi acuan penampilan di laga-laga berikutnya. Tidak hanya soal determinasi dan mentalitas bertanding, Arteta menyebut, para penggawa Arsenal telah menunjukkan kemampuan untuk bisa menerapkan semua rencana permainan di atas lapangan.

Begitu pula dengan kerja sama yang dibangun pemain-pemain muda Arsenal, seperti Smith-Rowe dan Saka, dengan pemain-pemain yang lebih senior, seperti Aubameyang. Kini, Arteta berharap, anak-anak asuhnya bisa menjaga konsistensi penampilan tersebut.

''Perpaduan permainan antara pemain muda dan pemain senior ini yang kami inginkan. Laga ini menjadi laga spesial. Hari ini menjadi contoh penampilan apa yang kami harapkan dari tim ini. Namun, kami harus bisa menjaga konsistensi penampilan,'' kata mantan asisten pelatih Manchester City, Pep Guardiola, tersebut.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA