Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Masjid Tertua di India Dibuka untuk Pelancong

Ahad 26 Sep 2021 20:46 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko

Masjid Cheraman Juma

Masjid Cheraman Juma

Foto: newindianexpress
Masjid Cheraman Juma, masjid tertua di India siap menyambut pengunjung.

REPUBLIKA.CO.ID, THRISSUR -- Masjid Cheraman Juma, masjid tertua di India siap menyambut pengunjung sebagai bagian dari rangkaian Wisata Warisan Muziris. Pekerjaan renovasi yang selama ini telah dilakukan sudah memasuki tahap akhir.

Masjid tersebut direnovasi karena banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika masjid itu dibuka. Betapa tidak, masjid Cheraman Juma mewariskan kekayaan arsitektur yang dimiliki India khususnya dalam dunia Islam.

Baca Juga

Setelah renovasi selesai, masjid ini akan diresmikan oleh Ketua Menteri Pinarayi Vijayan. Proyek ini termasuk dalam program 100 hari pemerintah kiri LDF. Penelitian telah menunjukkan bahwa masjid yang terletak di Methala, dekat Kodungallur, itu dibangun pada tahun 629 M oleh Malik Deenar.

Namun hancur ketika Portugis menyerang pelabuhan Kodungallur. Dan sebentar lagi masjid itu akan dibuka untuk turis dari seluruh dunia. Masjid ini tetap unik karena gaya arsitektur Kerala.

Pada tahun 1984, untuk menyelenggarakan sholat di masjid, bangunan beton terutama koridor dan aula dibangun. Ekstensi itu benar-benar menyembunyikan struktur lama. Dalam upaya untuk mengembalikan struktur warisan, Proyek Warisan Muziris mengambil tugas merenovasi Masjid Cheraman Juma.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA