Ahad 26 Sep 2021 16:08 WIB

Gubernur Kalsel Terima Penghargaan BKN Award 2021

Pemprov Kalsel berhasil meraih satu kategori, yakni pengelolaan kepegawaian terbaik

Kepala Badan Kepegawaian Negara ( BKN) Bima Haria dijadwalkan Senin (27/9), akan menyerahkan penghargaan BKN Awrad 2021 kepada Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor.
Foto: Pemprov Kalsel
Kepala Badan Kepegawaian Negara ( BKN) Bima Haria dijadwalkan Senin (27/9), akan menyerahkan penghargaan BKN Awrad 2021 kepada Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARBARU -- Kepala Badan Kepegawaian Negara ( BKN) Bima Haria dijadwalkan Senin (27/9), akan menyerahkan penghargaan BKN Awrad 2021 kepada Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor. Raihan BKN Award ini diberikan BKN dilatari keberhasilan Pemerintah Provinsi Kalsel menjadi peringkat satu atas capaian dalam perencanaan kebutuhan, pelayanan, pengadaan dan pensiun.

Atas keberhasilan tersebut Pemprov Kalsel dalam hal ini Gubernur Kalsel Sahbirin Noor bakal menerima piagam Penghargaan BKN Award akan diserahkan secara langsung  Kepala BKN Republik Indonesia Bima Haria. Selain penyerahan penghargaan, Kepala BKN dalam agenda di Kalsel juga akan meninjau pelaksanaan seleksi CASN di titik lokasi Gedung Ideham Kholid dan BKN Regional VIII Banjarmasin.

Baca Juga

Kepala BKD Kalsel Sulkan saat dikonfirmasi, Ahad (26/9) mengatakan terdapat lima kategori dalam BKN Award 202. Kategori itu yaitu:

Perencanaan Kebutuhan, Pelayanan Pengadaan Kepangkatan dan Pensiun (Kategori I).

Implementasi SAPK dan Pemanfaatan CAT (Kategori II). Kemudian Penilaian Kompetensi (Kategori III)

Implementasi Penilaian Kinerja (Kategori IV); dan Komitmen Pengawasan dan Pengendalian (Kategori V).

“Dari lima kategori itu, Pemprov Kalsel berhasil meraih satu kategori, yakni pengelolaan kepegawaian terbaik kategori 1 yaitu perencanaan kebutuhan,  pelayanan, pengadaan dan pensiun,” terang Sulkan.

photo
Kepala Badan Kepegawaian Negara ( BKN) Bima Haria dijadwalkan Senin (27/9), akan menyerahkan penghargaan BKN Awrad 2021 kepada Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor. - (Pemprov Kalsel)

Dikatakan Sulkan prestasi tersebut diraih berkat  bimbingan dan pembinaan serta kebijakan terukur Gubernur selaku pejabat pembina kepegawaian daerah. Sistem kebijakan yang sinergi yakni bimbingan dan pembinaan BKN Regional VIII  serta stakeholder terkait turut mengantarkan prestasi yang di raih Kalsel.

BKN Award 2021 adalah prestasi seluruh ASN dan stakeholder terkait yang selama ini berkolaborasi meningkatkan profesionalisme di bidang kepegawaian. “Alhamdulillah Kalsel berhasil meriah satu kategori yakni penghargaan terbaik pengelolaan kepegawaian Bidang Kepangkatan dan Pensiun,” terangnya.

Menurut Sulkan BKN Award ini pendorong semangat pihaknya untuk mewujudkan birokrasi yang profesional.

Kepala BKD Kalsel, menyampaikan ucapan terima kasih kepada BKN Pusat, kantor Regional (Kanreg) VIII Badan Kepegawaian Negara  (BKN) Banjarmasin, yang selama ini memberikan atensi kepada Pemprov, dan Pemkab/Pemko se-Kalsel.

“Penghargaan dan ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada pejabat pembina kepegawaian daerah, sekretaris daerah, pemangku kepentingan, seluruh ASN serta tenaga honorer/ kontrak, yang turut bersinergi menata administrasi kepegawaian yang lebih baik,” ucap Sulkan.

Atas anugerah BKN Award ini, lanjut Sulkan, diharapkan sumber daya yang sudah ada, kinerja dan inovasi instansi dapat dikembangkan lagi, serta dapat menjadi inspirasi instansi daerah.

Berdasarkan bank data media ini, penghargaan nasional di bidang administrasi kepegawaian yang diraih Pemprov Kalsel adalah penghargaan nasional kedua tahun 2021. Pada awal tahun 2021 juga menerima penghargaan Meritokrasi dengan kategori “Baik” dari Komisi ASN.

Kepala BKN, Bima Haria mengatakan, BKN Award diberikan kepada pengelola kepegawaian yang meliputi Kementerian/Lembaga Non-Kementerian/Instansi Daerah (K/L/D). “BKN Award menjadi motivasi baru bagi instansi untuk meningkatkan kinerja dalam mengelola ASN,” kata Bima Haria.

Bima menjelaskan, terdapat lima kategori dalam BKN Award 2020, yaitu Perencanaan Kebutuhan, Pelayanan Pengadaan Kepangkatan dan Pensiun (Kategori I). Implementasi SAPK dan Pemanfaatan CAT (Kategori II); Penilaian Kompetensi (Kategori III).

Implementasi Penilaian Kinerja (Kategori IV); dan Komitmen Pengawasan dan Pengendalian (Kategori V). Implementasi Penilaian Kinerja (Kategori IV); dan Komitmen Pengawasan dan Pengendalian (Kategori V). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement