Saturday, 10 Rabiul Awwal 1443 / 16 October 2021

Saturday, 10 Rabiul Awwal 1443 / 16 October 2021

Menyapu Rumah Malam Hari Picu Kemiskinan, Benarkah?

Ahad 26 Sep 2021 14:31 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah

Mitos menyapu malam hari sebabkan kemiskinan banyak beredar di masyarakat. Ilustrasi menyapu

Mitos menyapu malam hari sebabkan kemiskinan banyak beredar di masyarakat. Ilustrasi menyapu

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Mitos menyapu malam hari sebabkan kemiskinan banyak beredar di masyarakat

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO— Banyak mitos berkembang di tengah masyarakat yang dipercayai secara turun temurun. Salah satunya adalah mitos tentang risiko kefakiran karena menyapu saat malam.   

Dilansir dari Elbalad, Anggota Fatwa di Lembaga Fatwa Dar Al Ifta, Mesir, Muhammad Abd Al Sami, mengatakan tidak ada larangan untuk membersihkan rumah malam hari dalam Islam. Hal ini tidak seperti mitos yang diyakini banyak orang. 

Baca Juga

"Tidak ada kejahatan dalam membersihkan rumah di malam hari, juga di toko-toko, dan tidak ada dalam agama yang mencegah itu dalam hal apapun," jelasnya.  

Dalam Islam bahkan ada hadits yang memerintahkan untuk membersihkan rumah. Karena kebersihan diketahui merupakan salah satu ciri orang mukmin, dan meninggalkannya adalah salah satu ciri orang Yahudi. 

"Nabi SAW mengatakan, Allah itu baik dan mencintai kebaikan, bersih dan mencintai kebersihan, murah hati dan mencintai kedermawanan, murah hati dan mencintai kedermawanan, jadi bersihkan halamanmu, dan jangan seperti orang Yahudi," terangnya.  

Karena itu, tidak ada larangan menyapu rumah saat malam. Tidak ada larangan dalam Islam untuk melakukan pekerjaan rumah tangga kapan saja, siang atau malam, yang dilarang  hukum syariat.

Islam disebut juga adalah ajaran untuk mencerahkan dan mensucikan umat manusia. Allah SWT berfirman dalam QS Al Baqarah ayat 151: 

كَمَآ أَرْسَلْنَا فِيكُمْ رَسُولًا مِّنكُمْ يَتْلُوا۟ عَلَيْكُمْ ءَايَٰتِنَا وَيُزَكِّيكُمْ وَيُعَلِّمُكُمُ ٱلْكِتَٰبَ وَٱلْحِكْمَةَ وَيُعَلِّمُكُم مَّا لَمْ تَكُونُوا۟ تَعْلَمُونَ ﴿١٥١﴾ 

"Sebagaimana (Kami telah menyempurnakan nikmat Kami kepadamu) Kami telah mengutus kepadamu Rasul diantara kamu yang membacakan ayat-ayat Kami kepada kamu dan mensucikan kamu dan mengajarkan kepadamu Al Kitab dan Hikmah (sunnah), serta mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui."  

 

Sumber: elbalad 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA