Ahad 26 Sep 2021 11:48 WIB

Penelitian Ini Paparkan Hubungan Film Horor dan Pernikahan

Pernikahan yang baik dan kuat menjadi alat ampuh mengatasi stres.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Studi ini memaparkan hubungan antara film horor dan pernikahan (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Studi ini memaparkan hubungan antara film horor dan pernikahan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahukah Anda bahwa berada dalam pernikahan yang solid dan suportif dapat membuat menonton film horor menjadi tidak terlalu menakutkan? Mampu mengelola rasa takut dalam film horor, bukanlah poin utama dari sebuah studi baru oleh para peneliti BYU dalam jurnal bergengsi PLOS One.

Pernikahan yang baik dan kuat tampaknya menjadi alat yang ampuh untuk mengatasi stres. Para peneliti mengambil pandangan teknologi tinggi pada apa yang terjadi ketika pasangan menonton film horor untuk membuktikan bahwa kualitas hubungan itu penting.

Ilmu yang mereka gunakan disebut pupillometry, yang dalam hal ini melibatkan pandangan real-time pada stres perkawinan melalui lensa literal sistem saraf otonom tubuh, yaitu mata. Penelitian menemukan bahwa pupil membesar sehubungan dengan stres, jauh sebelum seseorang menyadari reaksi mereka, dalam 200 milidetik setelah terpapar stres.

“Film horor memicu stres, melalui respons rasa takut, dan tubuh Anda tidak dapat benar-benar membedakan dari mana stres itu berasal,” kata penulis utama Tyler Graff dilansir laman Deseret, Ahad (26/9).

Para peneliti perlu melakukan penelitian di laboratorium, di mana mereka memiliki peralatan canggih. Namun, mereka juga ingin meniru stres kehidupan nyata. 

Rekan penulis Wendy C Birmingham, profesor psikologi di Universitas Brigham Young, mengatakan suka memasang manset tekanan darah pada orang, dan meminta mereka keluar untuk menjalani hidup, dan mengukur stres. Namun, tidak mungkin menggunakan pupillometry seperti itu.

Namun, banyak pasangan menonton film horor dan pengaturan lab tidak akan menghilangkan respons kehidupan nyata karena pengaturannya. Ketika sesuatu yang menakutkan tiba-tiba muncul dan membuat Anda takut, Anda bereaksi.

“Saya sangat suka bahwa Anda dapat menempatkan orang di laboratorium dan mengontrol apa yang terjadi pada mereka, dan tetap membuatnya seperti situasi kehidupan nyata di dunia nyata,” ujarnya.

Sebanyak 83 pasangan menjawab kuesioner dan dikategorikan sebagai pernikahan yang ambivalen atau mendukung, berdasarkan skala. Pasangan itu telah menikah rata-rata 10 tahun dan mereka merentang usia, rata-rata lebih dari 33 tahun.

Mereka ditugaskan menonton video klip sendirian atau sambil berpegangan tangan dengan pasangan mereka. Saat mereka menonton, pelebaran pupil mereka diukur menggunakan kamera inframerah.

Klip horor menciptakan respons stres yang mengungkapkan perbedaan signifikan antara dukungan dan pengalaman solo, serta antara kondisi kualitas hubungan perkawinan. Dalam kedua kasus, memegang tangan pasangan mengurangi tingkat stres.

Menurut penelitian tersebut, orang-orang tanpa dukungan saat menonton mengalami perasaan kecemasan yang jauh lebih tinggi. Penelitian ini didasarkan pada studi sebelumnya oleh peneliti yang sama, yang juga diterbitkan di PLOS One, yang menunjukkan bahwa memiliki pasangan di dekat Anda saat mengatasi stres dan tantangan dapat menenangkan dan membuat Anda menyelesaikan tugas yang membuat stres.

Penelitian itu melibatkan Tes Stroop, di mana seseorang disajikan dengan kata seperti "kuning" yang ditulis dengan warna hijau dan individu tersebut seharusnya memilih warna dan mengabaikan kata tersebut.

Graff mengatakan kualitas hubungan adalah elemen tambahan dalam studi baru, dan tim bermaksud untuk menambahkan berbagai jenis hubungan dari waktu ke waktu. Misalnya, mungkin teman dekat atau rekan kerja. Namun, dia mengatakan mereka terkejut dengan betapa pentingnya pernikahan yang berkualitas dalam hal penanganan stres.

Birmingham berpikir hanya memiliki seseorang dengan Anda dapat mengurangi atau meningkatkan stres, tergantung pada siapa seseorang itu. Merasa dihakimi, misalnya, meningkatkan stres. Tetapi dia juga berpikir bahwa hubungan perkawinan, jika itu baik, maka sangat kuat.

“Tidak hanya saya pikir itu menenangkan secara emosional, tetapi secara fisiologis itu mengubah respons stres saya, itu mengubah apa yang terjadi di tubuh saya. Di masa depan, mungkin saya lebih mampu mengatasi stres atau itu tidak terlalu mempengaruhi saya,” kata Birmingham.

Karena pernikahan yang mendukung adalah yang paling membantu, dia berharap penelitian ini akan mengingatkan orang tentang pernikahan mereka. “Bukan hanya penting bahwa Anda memiliki pasangan yang mendukung, tetapi Anda sendiri yang kemudian berperilaku mendukung suami atau istri Anda,” kata dia.

Teknologi ini menangkap sekitar 1.200 pengukuran per detik pada dasarnya secara real-timePupillometry telah diperiksa dengan baik dan merupakan cara yang diterima dengan baik untuk mengukur stres. 

Steven Luke, profesor psikologi di BYU, telah menjadi pakar teknologi dan rekan penulis di kedua studi stres. Dia menjelaskan studi pertama bahwa "hal yang rapi" tentang pupillometry adalah bahwa hal itu akan segera mengukur bagaimana seseorang merespons stres dan apakah memiliki dukungan sosial dapat mengubahnya?

Para peneliti mencantumkan beberapa keterbatasan studi, termasuk bahwa klip video horor mungkin tidak terlalu dapat dipercaya karena film slasher mungkin tidak membawa tingkat realisme yang tinggi (yaitu, kebanyakan orang tidak berharap dibuntuti oleh orang gila bertopeng dengan kait saat berlari melalui jalan yang ramai).

Peristiwa yang secara realistis membuat stres atau menakutkan sulit untuk ditiru dalam segmen video kecil, tetapi, sangat berharga untuk mengetahui bahwa bahkan situasi yang mengejutkan dapat ditangani dengan baik oleh pasangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement