Ahad 26 Sep 2021 09:10 WIB

Ed Sheeran Hingga BTS Ramaikan Festival Global Citizen 2021

Festival musik 24 jam yang membentang di enam benua ini dimulai Ahad pukul 00.00.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Penyanyi Ed Sheeran.
Foto: EPAe
Penyanyi Ed Sheeran.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Festival Global Citizen 2021 diselenggarakan secara langsung serentak di seluruh dunia dihadiri ribuan penonton. Ada ratusan seniman, aktivis, dan organisasi advokasi, bekerja sama akhir pekan ini untuk menginspirasi kesadaran, mencari persatuan, dan membawa perubahan global.

Ed Sheeran, Elton John, Billie Eilish, Stevie Wonder, Shawn Mendes, dan BTS, merupakan beberapa di antara para penampil yang menyumbangkan waktu mereka untuk acara tersebut, yang berlangsung selama 24 jam mulai hari ini.

Bertepatan dengan Sidang Umum PBB dan pertemuan iklim G20, festival ini berpuncak pada Global Citizen Live, sebuah festival musik 24 jam yang membentang di enam benua dan menampilkan ratusan artis dan selebritas top dunia.

Global Citizen Festival adalah salah satu acara dan inisiatif penjangkauan utama untuk Global Citizen, sebuah organisasi yang didirikan pada 2008, dengan tujuan untuk mengakhiri kemiskinan ekstrem di dunia pada 2030.

Festival musik bertajuk "Global Citizen Live" adalah bagian dari rencana pemulihan seluruh umat manusia untuk bumi. Dilansir di laman Rolling Stones, Ahad (26/), kampanye sudah dilakukan selama setahun untuk membantu mengakhiri Covid-19 dengan meminta pemerintah, para dermawan, dan sektor swasta untuk berkomitmen untuk membantu memulai pemulihan global yang adil.

Global Citizen Music Festival 2021 resmi dibuka hari ini, Ahad (26/9) pukul 00.00 WIB. Tiket terjual habis dengan cepat di seluruh dunia. Sebelum memasuki arena konser, penonton harus memastikan dulu aturan dan peraturan Covid terbaru di tempat konser yang dituju.

Berikut adalah daftar artis saat ini berdasarkan kota (meskipun penyelenggara telah menjanjikan beberapa tamu kejutan):

New York City: Coldplay, Billie Eilish, Camila Cabello, Jennifer Lopez, Lizzo, Meek Mill, dan Shawn Mendes; penampilan tamu spesial oleh Alessia Cara, Burna Boy, Cyndi Lauper, Jon Batiste, dan Lang Lang; dan penampilan oleh Amber Ruffin, Andy Cohen, Billy Porter, Bonang Matheba, Bridget Moynahan, Connie Britton, Deborra-lee Furness, Desus Nice dan The Kid Mero, Dikembe Mutombo, Katie Holmes, Nomzamo Mbatha, Padma Lakshmi, Rachel Brosnahan, Skip Marley , dan Tan France, dipersembahkan oleh Citi dan Cisco.

Paris: Ed Sheeran, Elton John, Black Eyed Peas, Christine and the Queens, Doja Cat, dan Måneskin; penampilan tamu istimewa oleh Angélique Kidjo, Charlie Puth, dan Fatma Said; dipandu oleh Priyanka Chopra Jonas dan Denis Brogniart; dan penampilan oleh Carmen Ejogo dan Drew McIntyre.

Los Angeles: Stevie Wonder, Adam Lambert, Chloe x Halle, Demi Lovato, H.E.R., Migos, ONEREPUBLIC, Ozuna, The Lumineers, dan 5 Seconds of Summer; dan penampilan oleh JoJo, Joseph Gordon-Levitt, Michaela Jaé Rodriguez, Maggie Q, dan Scott Evans, dipersembahkan oleh Verizon.

London: Duran Duran, Kylie Minogue, Nile Rodgers and Chic, dan Rag'n'Bone Man.

Lagos: Femi Kuti, Davido, Tiwa Savage, dan Made Kuti; dan penampilan oleh Ebuka Obi-Uchendu dan Nancy Iime.

Rio de Janeiro: Alok, Criolo, Liniker, Mart'nália, Mapu, Aldeia Mutum dari Yawanawa, dan Owera (Kunumi MC); dengan tamu istimewa Tropkillaz dan Mosquito; dan penampilan oleh Dedé Teicher, dalam kemitraan dengan Rock In Rio.

Sydney: Pertunjukan oleh Delta Goodrem; dan penampilan oleh Celeste Barber dan Cathy Freeman.

Mumbai: Ajay-Atul, Badshah menampilkan Aastha Gill, Amit Trivedi, Tanishk Bagchi, Zara Khan, Nikhita Gandhi, dan Yasser Desai; dan penampilan oleh Anil Kapoor, dalam kemitraan dengan Wizcraft.

Sejumlah artis akan tampil dari panggung dan lokasi di seluruh dunia. Meskipun mereka tidak akan tampil secara langsung di tempat konser, penampilan mereka masih dapat disiarkan langsung secara daring.

Pertunjukan siaran dari seluruh dunia: Andrea Bocelli dari Tuscany, BTS dari Seoul, Green Day dari Los Angeles, Keith Urban dan Ricky Martin dari berbagai lokasi di Las Vegas. Ada juga Lorde dan My Morning Jacket dari berbagai lokasi di New York City, Metallica dari Louisville, Sho Madjozi dan Muzi dari Johannesburg dan, dalam kemitraan dengan Sony Music Latin, Camilo dari Madrid dan Lali dari Buenos Aires.

The Global Citizen Festival ditayangkan langsung di seluruh dunia, di jaringan televisi besar seperti BBC di Inggris, Sky & TV8 di Italia, TF1/TMC di Prancis, TV Azteca di México, dan Zee TV di India. Namun juga bisa disaksikan di saluran Youtube Global Citizen secara streaming dan disiarkan 24 jam.

Global Citizen Festival menjanjikan pertunjukan yang penuh dengan memori, ada tujuan yang lebih besar dalam pikiran. Organisasi itu mengatakan para seniman dan presenter bekerja sama, untuk menyerukan akuntabilitas dan tindakan dari para pemimpin di G7 dan Uni Eropa. 

Tuntutan mereka di antaranya yakni agar G7 dan UE segera membagikan setidaknya satu miliar dosis vaksin Covid-19 kepada mereka yang paling membutuhkan dan bagi negara-negara terkaya untuk memberikan 100 miliar dolar AS (Rp 1.428 triliun) per tahun untuk memenuhi kebutuhan iklim negara-negara berkembang. Tuntutan lainnya yaitu mendorong bisnis untuk membantu mengekang emisi melalui bergabung dengan race to zero dan menanam satu miliar pohon pada 2022. G7 dan miliarder dunia diharapkan mengakhiri krisis kelaparan dengan menyumbang setidaknya 6 miliar dolar AS (Rp 85,7 triliun) untuk penyediaan jutaan makanan darurat bagi 41 juta orang di ambang kelaparan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement