Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Alasan Seseorang Bersin Saat Tidur

Ahad 26 Sep 2021 08:04 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti

Bersin (ilustrasi).

Bersin (ilustrasi).

Foto: Computer Magazine
Dokter membagikan tips bagaimana menghentikan bersin ketika Anda tidur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi sebagian orang, bersin saat tidur mungkin terasa aneh. Namun bagi sebagian orag lainnya, itu adalah kejadian biasa. 

Apa yang membuat hidung Anda aktif begitu aktif pada malam hari? Seorang dokter menjelaskan bagaimana Anda bisa bersin saat tidur, mengapa bersin tidur terjadi, dan apa yang dapat Anda lakukan untuk menghentikannya.

Anda dapat bersin dalam tidur, tetapi hanya pada tahap awal. "Ketika Anda memasuki tahap tidur terdalam, Anda tidak memiliki kemampuan untuk bersin. Saraf yang menyebabkan Anda bersin juga dalam keadaan istirahat," ujar dr Eric Ascher, MD, seorang dokter kedokteran keluarga di Lenox Hill Hospital seperti dilansir di laman Men's Health, Sabtu (25/9).

Namun, ada kemungkinan Anda bisa bersin pada tahap tidur yang lebih dalam. "Kadang-kadang iritasi dapat membangunkan Anda dari tahap tidur nyenyak dan dapat menyebabkan Anda bersin," ujar dr Ascher. 

Pada saat itu Anda terjaga, bukan karena bersin, tapi karena iritasi yang menyebabkan Anda bersin. "Ini biasa terjadi pada mereka yang alergi atau pilek," kata dia.

Jadi, iritasi apa yang bisa menyebabkan Anda bersin saat tidur? Dr Ascher menjelaskannya pada beberapa hal.

Pertama-tama, pertimbangkan jenis iritasi apa yang Anda alami di kamar tidur atau di mana pun Anda tertidur yang dapat membangkitkan hidung Anda. Apakah itu debu atau bahkan seprai baru? 

"Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk memeriksa dan menghilangkan pemicu lingkungan (seperti membersihkan debu di tempat yang sulit dijangkau) yang dapat memicu bersin pada tahap awal tidur," kata dr Ascher.

Bagaimana Anda berhenti bersin dalam tidur Anda? Berikut tips dr Ascher untuk menghentikan bersin dan tidur nyenyak.

Pertama bersihkan kamar Anda jika ada alergen yang mengintai. Lalu coba ganti seprai Anda untuk berjaga-jaga jika ada ketombe yang muncul di dalamnya.

Jangan lupa tutup jendela untuk mencegah iritasi seperti serbuk sari dan serangga masuk. Selain itu, mandi sebelum tidur untuk membersihkan tubuh dari kotoran atau ketombe yang memicu. Jika semuanya gagal, hubungi penyedia layanan kesehatan tentang tes alergi untuk mengalahkan bersin.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA