Yayuk Basuki Berharap Olympian Baru Lahir di PON Papua

Red: Israr Itah

Yayuk Basuki, mantan petenis putri nomor satu Indonesia yang juga Olympian.
Yayuk Basuki, mantan petenis putri nomor satu Indonesia yang juga Olympian.
Foto: Antara
Ketua Umum Indonesian Olympian Association (IOA) Yayuk Basuki mendukung PON Papua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Indonesian Olympian Association (IOA) Yayuk Basuki berharap Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua melahirkan olympian baru atau atlet-atlet yang bisa tampil dan berprestasi di pentas Olimpiade. "PON ini adalah agenda yang seharusnya menjadi pembinaan untuk olahraga nasional," kaya Yayuk Basuki dalam keterangan resmi yang diterima Antara, Sabtu (25/9).

Mantan petenis nasional itu sangat mendukung dan berharap PON Papua membuat prestasi olahraga Indonesia dapat terus meningkat."IOA mendukung adanya pembibitan dan pembinaan untuk olahraga nasional secara keseluruhan dan berharap nanti akan muncul olympian-olympian yang lain. Mereka yang tampil adalah atlet muda dan ini menjadi cikal bakal masa depan daripada olympian ke depan," kata Yayuk menambahkan.

Baca Juga

Yayuk Basuki adalah petenis legendaris Merah Putih yang pernah empat kali tampil di Olimpiade (1988, 1992, 1996 dan 2000). Dia juga peraih empat medali emas Asian Games. Satu di antaranya diraih pada sektor tunggal putri pada 1998 di Bangkok, Thailand. Kemudian dua emas pada sektor ganda putri di Seoul Korea Selatan pada 1986 dan Asian Games 1990 di Beijing bersama Suzanna Wibowo. Saat bertanding di Beijing 1990, Yayuk juga sukses meraih emas pada nomor ganda campuran bersama Hary Suharyadi.

Dalam karier profesional sebagai petenis, Yayuk juga punya prestasi mentereng. Sepanjang karier dia telah mengantongi enam gelar WTA dan 5 ITF. Perempuan asal Yogyakarta itu juga pernah menempati posisi 19 dalam daftar peringkat tenis dunia.

Dia juga nantinya akan andil dalam kirab obor PON Papua. Yayuk menyebut hadirnya para atlet senior legendaris di Papua akan turut memotivasi atlet-atlet muda untuk bisa lebih berprestasi. 

"Olympian Indonesia sangat mendukung PON Papua. Kami hadir menjadi ikon dan atlet muda akan melihat bahwa kami sangat mendukung mereka. Jadi tugas kami juga adalah memotivasi atlet muda," kata Yayuk Basuki.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Komentar

Terkait


Tim Dayung Papua Targetkan Lima Emas pada PON XX Papua (ilustrasi).

Tim Dayung Papua Targetkan Lima Emas pada PON XX Papua

logo PON XX Papua

Tim Sepak Bola Putri Papua Incar Medali Emas PON

Foto aerial kompleks Olahraga Kampung Harapan yang digunakan sebagai venue PON Papua di Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (22/9/2021).

Kapolresta Jayapura Cek Persiapan Keamanan PON XX

Atlet menembak putra Jawa Barat Sonny Prabowo berlatih di Lapangan Tembak, Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, Sabtu (25/9/2021). Sonny Prabowo merupakan salah satu atlet yang akan memperkuat tim menembak Jawa Barat pada katagori tembak reaksi production di PON Papua.

Latihan Atlet Menembak Jawa Barat

Penari dari suku asli Papua Barat mementaskan teatrikal sejarah minyak bumi dan gas di PLTMG Distrik Klamono, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Sabtu (25/9/2021). Masyarakat adat di wilayah kepala burung Papua Barat memberikan dukungan penuh atas perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua.

Dukungan Masyarakat Adat Papua Barat Pada PON XX

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image