Tuesday, 13 Rabiul Awwal 1443 / 19 October 2021

Tuesday, 13 Rabiul Awwal 1443 / 19 October 2021

Kemenkominfo Gelar Bimtek untuk Penyuluh Informasi Publik

Ahad 26 Sep 2021 01:25 WIB

Red: Bilal Ramadhan

Direktur Informasi dan Komunikasi Politik, Hukum, dan Keamanan, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Bambang Gunawan

Direktur Informasi dan Komunikasi Politik, Hukum, dan Keamanan, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Bambang Gunawan

Foto: Istimewa
Tahun ini, bimtek digelar di Surabaya, Badung, Semarang, Yogyakarta dan Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi para Penyuluh Informasi Publik (PIP) Rekrutmen Tahun 2017-2019. Tahun ini Bimtek diadakan di lima kota yaitu Surabaya, Badung, Semarang, Yogyakarta, dan Bandung sebagai upaya peningkatan kompetensi bagi salah satu mitra strategis Kominfo dalam melakukan aktivitas komunikasi publik.

Plt. Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kominfo Bambang Gunawan mengatakan bahwa tugas PIP tidaklah mudah. Sebagai mitra strategis, PIP diharapkan dapat membantu menyampaikan isu-isu maupun program dan kebijakan pemerintah kepada masyarakat khususnya di wilayah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T).

“Bertugas sebagai PIP tentu tidak mudah untuk dilaksanakan, apalagi di masa pandemi Covid-19. Tapi saya yakin Bapak/Ibu tetap semangat untuk terus secara masif melakukan penyuluhan,” ujarnya saat memberikan arahan pada acara Bimtek PIP di Semarang, dalam rilisnya, Sabtu (25/9).

Berbekal wawasan dan pengetahuan informasi yang didapatkan saat bimtek, PIP dapat melakukan penyuluhan baik melalui tatap muka, daring, atau bahkan memanfaatkan media sosial sebagai alternatif untuk tetap eksis melakukan diseminasi informasi.

Menurut Bambang, secara khusus untuk PIP wilayah penugasan kab/kota di Jawa Tengah, mampu melakukan realisasi kegiatan mencapai 293 kali di mana kegiatan diseminasi informasi tatap muka sebanyak 205 kali dan melalui daring 88 kali, dengan jumlah masyarakat yang terpapar informasi sejumlah 5.132 orang. Selain keaktifan PIP untuk melakukan diseminasi informasi melalui media sosial (instagram dan facebook) selama kurun waktu tersebut dapat mencapai 237 kali;

“Melihat hasil monitoring dan evaluasi tersebut, saya ingin sampaikan apresiasi kepada seluruh PIP khususnya di wilayah Jawa Tengah. Atas upaya dan kerja kerasnya untuk melakukan diseminasi informasi masyarakat sehingga mendapatkan informasi yang valid terkait program dan kebijakan pemerintah,” terang Bambang.

Di Tahun 2021, jelasnya, ada beberapa program dan kebijakan prioritas pemerintah yang penting untuk diketahui dan dipahami oleh masyarakat luas. Antara lain, terkait Vaksinasi Covid-19, Kredit Usaha Rakyat (KUR), dan Pelatihan Vokasi Pekerja Migran Indonesia (PMI).

“Harapan kami, melalui Bimtek ini PIP semakin meningkat komitmen dan semangatnya untuk terus bergerak lebih masif lagi dalam melakukan penyuluhan dan diseminasi informasi. Tentunya dengan mengedepankan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19 sehingga penyampaian informasi atas isu-isu terkini pemerintah dapat diterima dengan baik serta mampu mematahkan berita-berita hoaks yang tumbuh subur di tengah masyarakat,” pungkas Bambang.

Kegiatan itu juga menghadirkan narasumber dari beberapa kementerian terkait, yaitu Kementerian Kesehatan terkait  materi Vaksinasi Covid-19, Kementerian Ketenagakerjaan terkait Pelatihan Vokasi PMI, dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah terkait Skema Pemanfaatan dan Akses KUR.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA