Monday, 19 Rabiul Awwal 1443 / 25 October 2021

Monday, 19 Rabiul Awwal 1443 / 25 October 2021

Brahim Diaz Bawa Milan ke Puncak Klasemen Serie A

Sabtu 25 Sep 2021 22:02 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah

Brahim Diaz dari AC Milan

Brahim Diaz dari AC Milan

Foto: AP/Antonio Calanni
Gol Brahim Diaz memastikan kemenangan AC Milan 2-1 atas Spezia.

REPUBLIKA.CO.ID, SPEZIA -- Brahim Diaz menjadi pahlawan AC Milan saat melakoni laga tandang ke markas Spezia. Masuk menjelang laga berakhir, Diaz mencetak gol kemenangan Milan 2-1 atas Spezia pada laga pekan keenam Serie A Liga Italia di Stadion Alberto Picco, Sabtu (25/9) malam WIB.

Berkat gol Diaz, Milan naik ke puncak klasemen, meskipun mungkin hanya untuk sementara. Milan mengoleksi nilai 16 dari enam laga, unggul satu poin dari Napoli di posisi kedua dan tiga angka dari Inter Milan yang akan bermain sebentar lagi. Sementara Spezia masih tertahan di posisi 17 dengan nilai 11.

Jalannya laga

Pelatih Stefano Pioli menurunkan Olivier Giroud sebagai starter pada laga ini. Namun percobaan pertama Milan datang dari tembakan terukur gelandang tengah Sandro Tonali pada menit ke-10. Tonali melepas tembakan keras dengan kaki kanan yang masih bisa diantipasi oleh kiper Jeroen Zoet.

Spezia membalas tiga menit berselang lewat M'Bala Nzola. Menyiris dari melalui pinggir lapangan, M'Bala langsung melepas tembakan ke sudut kanan gawang Mike Maignan hasilnya hanya berujung tendangan bebas.

Theo Hernandez tampil ngotot dengan terus keluar dari pos yang ditempati untuk membantu lini pertahanan. Tembakan kerasnya dari luar kotak penalti masih melayang tinggi dari mistar gawang Spezia.

Hingga menit ke-35 belum ada gol tercipta. Milan mampu menguasai jalannya laga dengan penguasaan bola 65 persen berbanding 34 persen milik Spezia.

Sementara itu i Rossoneri mengumpulkan total lima tembakan tepat sasaran ke gawang tuan rumah Spezia.

Sayang hingga 45 menit babak pertama berjalan belum tercipta gol bagi kedua belah tim. Skor kacamata tetap bertahan.

Pelatih Stefano Pioli melakukan rotasi pada awal babak kedua. Olivier Giroud ditarik keluar digantikan Pietro Pellegri, sedangkan Rafael Leao masuk menggantikan Ante Rebic.

Rotasi yang dilakukan Milan terbukti efektif. Rossoneri sukses memecah kebuntuan lewat gol Daniel Maldini pada menit ke-48.

Berawal dari umpan silang Pierre Kalulu dari sektor pinggir kanan lapangan, putra sang legenda Paolo Maldini tersebut langsung melakukan sundulan dari bagian tengah kotak penalti. Skor 1-0 untuk Milan.

Nyaris, Milan hampir menggandakan kedudukan pada menit ke-56 lewat tendangan terkur Rafael Leao. Sayang sepakannya dari sudut sempit yang mengarah ke pojok atas kanan membentur tiang gawang.

Berselang beberapa menit, Spezia gagal memanfaatkan peluang emas. Berawal dari umpan silang Simone Bastoni, Giulio Maggiore yang lolos dari pengawalan bek Milan gagal menyarangkan bola ke gawang Maignan. Arah bola melayang ke atas tiang gawang.

Rotasi kembali dilakukan Pioli dengan pencetak gol Daniel Maldini ditarik keluar digantikan Ismael Bennacer pada menit ke-61. 

Memasuki menit ke-70 Milan mengumpulkan sembilan tembakan ke gawang Spezia dengan satu tembakan berjung gol. Sedangkan tuan rumah baru mencatat empat tembakan dengan satu tembakan mengarah tepat sasaran.

Turan rumah berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-80. Gol bermula dari tembakan Simone Bastoni yang membentur kaki Sandro Tonali yang mengubah arah bola. Skor menjadi imbang 1-1.

Tampil imbang tentu bukan rencana Milan, Pioli menurunkan Brahim Diaz menggantikan Franck Kessie untuk mempertajam lini depan demi mencari gol tambahan.

Gol! Diaz sukses membayar kepercayaan pelatih dengan mencetak gol pada menit ke-86. Berawal dari permainan bola Saelemaerkers yang mengecoh beberapa pemain Spezia, pemain asal Belgia itu langsung melepas umpan ke tengah gawang yang segera disapu oleh Diaz. Skor 2-1 pun bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA