Saturday, 10 Rabiul Awwal 1443 / 16 October 2021

Saturday, 10 Rabiul Awwal 1443 / 16 October 2021

Aston Villa Jegal MU di Old Trafford

Sabtu 25 Sep 2021 20:35 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah

Kortney Hause dari Aston Villa, kiri, merayakan setelah mencetak gol pembuka timnya selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Manchester United dan Aston Villa di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Sabtu, 25 September 2021.

Kortney Hause dari Aston Villa, kiri, merayakan setelah mencetak gol pembuka timnya selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Manchester United dan Aston Villa di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Sabtu, 25 September 2021.

Foto: AP/Jon Super
Manchester United gagal memanfaatkan hadiah penalti dan takluk 0-1 dari Aston Villa

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester United (MU) kembali menelan pil pahit setelah kalah 0-1 dari tamunya Aston Villa pada laga pekan keenam Liga Primer Inggris di Stadion Old Trafford, Sabtu (25/9) malam WIB. Gol semata wayang Villa hadir pada menit akhir babak kedua lewat tandukan bek tengah Kortney Hause menit ke-88.

Ini menjadi kekalahan kedua secara beruntun bagi pasukan Ole Gunnar Solskjaer setelah sebelumnya tersingkir dari Piala Carabao melawan West Ham United. Kekalahan tersebut membuat MU merosot ke posisi empat klasemen dengan perolehan angka 13 dari empat kemenangan, sekali imbang, dan sekali kalah. Ini jadi kekalahan pertama mereka di Liga Inggris.

Baca Juga

Sedangkan Villa sukses naik ke posisi tujuh klasemen mengantongi angka 10 dari tiga menang, dua imbang, dan dua kekalahan. Kemenangan ini juga yang pertama bagi Villa di Old Trafford sejak 2009.

Jalannya laga

MU langsung menekan sejak awal pertandingan dengan menggempur area pertahanan the Villas, julukan Aston Villa. Percobaan pertama hadir pada menit ke-11 melalui penyerang Cristiano Ronaldo. Tembakan bintang Portugal dengan kaki kanan dari luar kotak penalti masih bisa ditepis kiper Villa, Emiliano Martinez.

Setan Merah terus menekan pertahanan lawan, kali ini giliran Mason Greenwood. Penyerang muda asal Inggris melepas tembakan spekulasi dari bagian pinggir kotak 16. Sayangnya, bola masih melebar ke kanan jauh gawang Aston Villa.

MU nyaris melakukan kesalahan pada menit ke-21. Harry Maguire yang berniat memberikan operan ke belakang diantisipasi dengan kurang baik oleh David de Gea yang tendangannya diblok langsung oleh striker Villa. Beruntung bagi MU, bola kembali ke pelukan kiper asal Spanyol, De Gea. Skor imbang 0-0 masih bertahan.

Luke Shaw terlihat kesakitan di atas lapangan. Pelatih Ole Gunnars Solskjaer pun memutuskan untuk menarik keluar Shaw dan memasukkan Diogo Dalot pada menit ke-34.

Hingga memasuki setengah babak pertama MU berhasil mengusai jalannya pertandingan dengan penguasaan bola 59 persen berbanding 41 milik Villa.

Percobaan gagal Villa pada menit ke-39 melalui bek Ezri Konsa. Berawal dari umpan silang terkur yang dilepas McGinn Konsa melakukan tandukan dari jarak sangat dekat. Namun, bola masih terlalu tinggi di atas mistar gawang De Gea.

Peluang emas didapat MU pada menit ke-43 lewat tandukan Harry Maguire dari sudut sempit usai menerima tendangan bebas Bruno Fernandes. Kiper Emiliano Martinez dengan sigap berhasil menepis bola. Hingga peluit turun minum berbunyi skor kacamata tak berubah.

Memasuki interval kedua Mason Greenwood langsung menebar ancaman ke gawang Villa pada menit ke-65. Tembakan kaki kirinya dari kotak 16 diselamatkan dengan baik oleh Martinez.

Nahas bagi MU, Solskjaer dipaksa melakukan pergantian pemain untuk kali kedua. Kali ini kapten Harry Maguire ditarik keluar pada menit ke-67 karena mengalami cedera. Posisinya diisi oleh Victor Lindelof.

Menit ke-68 Villa nyaris mencetak gol lewat tendangan Watkins dari dalam titik penalti. De Gea yang berada di posisi tepat langsung membelok laju bola yang mengarah ketengah

Pertandingan makin memanas, jual beli serangan terlihat. Greenwood memiliki dua peluang, tapi bola tembakannya masih bisa diblok barisan pertahanan Villa.

Dua pemain MU, Edinson Cavani dan Van de Beek terlihat tengah menjalani pemanasan di pinggir lapangan. Solskjaer sepertinya ingin menambah kekuatan di lini depan tim. Cavani akhirnya dimasukkan.

Memasuki menit ke-85 belum ada gol tercipta bagi kedua tim. Baik MU dan Villa masih gagal memaksimalkan peluang ketika berada di depan gawang lawan.

Gol! Villa mencetak gol 1-0 melalui tandukan bek Kortney Hause pada menit ke-88 setelah menerima umpan silang dari tendangan sudut.

MU menyianyiakan kesempatan emas, handball Kortney Hause di dalam kotak penalti tak mampu dimanfaatkan oleh Bruno Fernandes yang gagal menjadi eksekutor setelah tembaknnya melayang tinggi ke kanan gawang Martinez.

Skor 1-0 untuk keunggulan tim tamu pun bertahan hingga peluit panjang berbunyi. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA