Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Wapres Ingin Mahasiswa tak Hanya Kejar Ijazah

Ahad 26 Sep 2021 00:17 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Esthi Maharani

Kuliah Online (ilustrasi)

Kuliah Online (ilustrasi)

Wapres ingin mahasiswa tak hanya kuliah hanya untuk mengejar ijazah semata.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Wakil Presiden Ma'ruf Amin berharap mahasiswa Indonesia terus mengembangkan diri, berinovasi dan mampu menguasai teknologi. Wapres ingin mahasiswa tak hanya kuliah hanya untuk mengejar ijazah semata.

"Saya ingin berpesan kepada mahasiswa-mahasiswa Indonesia pada umumnya, dan khususnya mahasiswa baru UNU Blitar, untuk tekun mengembangkan diri, menguasai teknologi terkini dan menumbuhkan jiwa wirausaha dengan terus aktif belajar, berinovasi, kreatif dan tidak hanya mengejar sertifikasi/ijasah," kata Wapres saat sambutan secara daring di acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar, Sabtu (25/9).

Wapres mengatakan, masa depan dan kemajuan Indonesia saat ini tidak boleh lagi hanya bertumpu pada sumber daya alam (SD). Tetapi, pada SDM yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dan riset dan inovasi (RIN).
 
Karena itu, Wapres menilai penguasaan IPTEK dan RIN merupakan suatu keniscayaan saat ini.

"Di era ndustri 4.0 saat ini, SDM Indonesia harus menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan inovatif," ujar Wapres.

Apalagi, pandemi Covid-19 menjadi tantangan sekaligus peluang bagi generasi milenial untuk lebih kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi informasi. Termasuk menghasilkan pemikiran, konsep dan temuan serta cara-cara baru  yang memberikan nilai tambah, manfaat serta maslahat lebih besar dari apa yang telah tersedia saat ini.

Menurutnya, dalam menguasai IPTEK dan RIN diperlukan upaya-upaya oleh manusia melalui pendidikan dan pelatihan. Karena itu, Program prioritas pemerintah saat ini adalah pembangunan SDM yang kreatif dan adaptif serta mampu menghadapi berbagai tantangan masa depan.

Karena itu, ia mendorong UNU Blitar untuk menciptakan iklim pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk menghasilkan generasi yang unggul dan profesional dalam ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), riset dan inovasi (RIN).

"Saya mendorong UNU Blitar untuk terus mengembangkan riset serta meningkatkan kerjasama dan kolaborasi dengan dunia usaha dan dunia industri (DU/DI), lembaga riset, perguruan tinggi lain dan pemerintah," katanya.



BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA