Saturday, 29 Rabiul Akhir 1443 / 04 December 2021

Saturday, 29 Rabiul Akhir 1443 / 04 December 2021

77 Ribu Lansia di Kota Tangerang Sudah Divaksinasi Covid-19 

Sabtu 25 Sep 2021 11:01 WIB

Rep: Eva Rianti   / Red: Nashih Nashrullah

Vaksinasi lansia Kota Tangerang telah mencapai angka 60 persen. Vaksin Covid-19 (ilustrasi)

Vaksinasi lansia Kota Tangerang telah mencapai angka 60 persen. Vaksin Covid-19 (ilustrasi)

Foto: Pixabay
Vaksinasi lansia Kota Tangerang telah mencapai angka 60 persen

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG – Kegiatan vaksinasi Covid-19 di Kota Tangerang terus digencarkan terhadap berbagai kalangan, terutama kelompok lanjut usia (lansia). Hingga saat ini, ada lebih dari 77 ribu lansia di Kota Tangerang sudah disuntik vaksin Covid-19.  

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Tangerang, realisasi vaksinasi dosis satu pada lansia sebanyak 77.578 orang atau tercapai 74 persen dari target sebanyak 104.881 lansia. 

Baca Juga

Adapun capaian pada vaksinasi dosis dua lansia di Kota Tangerang tercatat sebanyak 60.209 atau 57,4 persen orang dari target yang sama. Capaian vaksinasi pada dosis pertama di Kota Tangerang telah melampaui target dari Kementerian Kesehatan sebanyak 60 persen.  

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Dini Anggraeni, menuturkan vaksinasi lansia telah mencapai angka 60 persen sejak 17 Agustus 2021 lalu dengan 64.672 lansia atau 61,7 persen dari target. Sementara itu, angka capaian 70 persen telah tercapai sejak 14 September 2021.  

"Capaian ini terus kita kejar melalui program Bulan Vaksinasi Tangerang yang mendekatkan sasaran dengan sentra vaksinasi massal di tingkat RW, sehingga para lansia dan pendamping tidak perlu jauh-jauh, repot-repor untuk menjangkau lokasi sentra vaksinasi massak," ujar Dini dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu (25/9). 

Dini mengatakan pihaknya juga melakukan jemput bola untuk memvaksin kalangan lansia dengan cara door to door sejak Maret 2021 lalu. Dia menyebut kalangan lansia memang menjadi salah satu kategori prioritas dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 karena merupakan kelompok rentan. 

Dia mengatakan, memang kelompok ini adalah prioritas program vaksinasi nasional begitu juga Pemkot Tangerang. Karena lansia rentan dan berisiko tinggi terinfeksi virus corona. 

“Terlebih, potensi kematian pada lansia saat terpapar Covid-19 juga cukup tinggi. Maka harapannya, dengan cakupan vaksinasi Covid-19 lansia yang terpenuhi, dapat mengurangi potensi gejala parah," terangnya.  

Dini menyampaikan, pada pelaksanaan vaksinasi lansia dibutuhkan dukungan dari pihak-pihak terdekat, seperti keluarga maupun pendamping. Guna memberikan pemahaman mengenai pentingnya vaksinasi Covid-19 bagi lansia sebagai ikhtiar dalam mengantisipasi terpapar Covid-19.  

"Dalam pelaksanaannya jajaran Puskesmas lebih melakukan pendekatan ke keluarga atau pendampingnya. Sehingga, para lansia lebih terbuka, yakin dan akhirnya mau mengikuti vaksinasi,” jelasnya.  

Dengan adanya upaya pelaksanaan vaksinasi yang gencar dari Dinas Kesehatan serta dukungan penuh dari masyarakat, Dini meyakini vaksinasi bagi lansia dapat segera terealisasi hingga 100 persen. Dia juga berharap agar kekebalan kelompok atau herd immunity di Kota Tangerang dapat segera terwujud.    

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA