Sabtu 25 Sep 2021 09:41 WIB

Musda KNPI Bandung Moment Tunjukkan Integritas

Pemuda merupakan tonggak perubahan bangsa ini.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Pemuda Muhammadiyah Kota Bandung berharap, melalui Musda DPD KNPI Kota Bandung, aktivis muda Kota Bandung berpegang pada integritas dan idealisme.
Foto: Istimewa
Pemuda Muhammadiyah Kota Bandung berharap, melalui Musda DPD KNPI Kota Bandung, aktivis muda Kota Bandung berpegang pada integritas dan idealisme.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Melalui Musda DPD KNPI Kota Bandung, aktivis muda Kota Bandung harus berpegang pada integritas dan idealisme. Bukan pada transaksi-transaksi semu yang mengancam kelangsungan kepemudaan di Kota Bandung. 

Menurut Ketua Pemuda Muhammadiyah Kota Bandung, Cepi Aunilah, dampak dari tidak berpegangnya pemuda pada integritas dan idealismenya, bukan hanya sebatas menjadi mengganggu proses musyawarah sebagai momentum untuk memproduksi ide, gagasan, dan program-program inovatif yang bermanfaat. Namun pula menghambat kemajuan kepemudaan sekurang-kurangnya dalam tiga tahun ke depan. 

"Untuk itu, mari kita semua saling bahu membahu dalam memikul tanggung jawab yang besar ini. Pemuda Indonesia harus kuat secara intelektual dan moral sehingga kita bisa mewujudkan cita cita  harapan masyarakat untuk generasi pemuda yang akan membawa perubahan bagi bangsa Indonesia," paparnya, Sabtu (25/9). 

Dikatakannya, pemuda adalah sosok individu yang mempunyai karakter khas yang spesifik. Yaitu, revolusioner, optimis, berpikiran maju dan memiliki moralitas dan sifat lainnya yang disadari dan dilakukan dengan semangat muda untuk mengarahkan bangsa kearah yang lebih baik. 

Oleh karena itu, Cepi menilai, betapa pentingnya peran pemuda dalam suatu bangsa. "Dalam catatan sejarah perjalanan bangsa ini menempatkan peran pemuda senantiasa menjadi pilar dan motor untuk mencapai kemerdekaan dan kemajuan bangsa," ujar Cepi.

Dikatakan Cepi, pemuda merupakan tonggak perubahan bangsa ini. Karena, dipundak pemuda-lah beban bangsa ini akan ditanggung ke depannya. Pemuda pun, menjadi penerus estafet bangsa ini nantinya. 

"Pemudanya harus menjadi pemuda yang progresif dalam menjalankan perannya sebagai agent of change dan agent of social control sebagaimana yang digaung-gaungkan selama ini," katanya.

Menurut Cepi, perlu untuk disadari bahwa betapa besar peran dan kekuatan seorang pemuda. Seperti yang dikatakan oleh proklamator kita Bung Karno “beri aku sepuluh pemuda, akan kuguncangkan dunia”. 

"Tentu bukan tanpa alasan bung Karno melontarkan kalimat sakti ini, tetapi karena ia menyadari betapa besar kekuatan para pemuda," katanya.

Cepi mengatakan, Musda KNPI Kota Bandung harus dijadikan momentum untuk menunjukan Pemuda dalam insan yang cerdas dan berintegritas. "Mengapa harus cerdas dan berintegritas? Jelas karena cerdas bukan hanya sekedar pintar, tapi cerdas adalah bijak dalam mengaplikasikan ilmunya dengan tepat," katanya.

Sedangkan integritas, kata dia, merupakan sikap konsisten dalam tindakan, nilai-nilai, dan prinsip-prinsip. Orang yang memiliki integritas berarti orang yang memiliki karakter yang kuat dalam memegang teguh prinsip-prinsip kebenaran yang dia yakini. Sehingga, orang yang berintegritas tidak akan gampang ternoda dari pengaruh luar maupun pengaruh dari siapapun. 

"Karena orang yang memiliki integritas merupakan orang yang teguh pada prinsip-prinsip idealismenya," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement