Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

Everton Siap Bujuk MU Lagi untuk Lepas Van de Beek

Sabtu 25 Sep 2021 01:25 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Gelandang Manchester United Donny van der Beek.

Gelandang Manchester United Donny van der Beek.

Foto: EPA-EFE/Peter Powell
Everton telah menyiapkan proposal peminjaman Van de Beek pada pertengahan musim ini.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Kepergian James Rodriguez ke klub asal Qatar, Al Rayyan, telah membuka jalan buat Everton untuk kembali mendatangkan pemain anyar, termasuk dengan kemungkinan memboyong Donny van de Beek dari Manchester United (MU). The Toffees kabarnya telah menyiapkan proposal peminjaman Van de Beek pada pertengahan musim ini.

Manajemen Everton sebenarnya sudah melakukan manuver untuk mendatangkan Van de Beek pada jendela transfer awal musim ini. Manuver the Toffees itu akhirnya berujung dengan kegagalan lantaran United bersikeras untuk mempertahankan gelandang berusia 24 tahun tersebut.

Kendati begitu, Everton siap menawarkan proposal penawaran baru buat MU pada jendela transfer musim dingin, Januari 2022 mendatang.

''Everton bisa membangkitkan lagi ide untuk meminjam Donny van de Beek dari United pada pertengahan musim ini, setelah kegagalan membujuk United pada hari terakhir jendela transfer pada awal musim ini,'' tulis laporan Liverpool Echo, Jumat (24/9).

Bahkan, bukan tidak mungkin, demi memuluskan rencana peminjaman Van de Beek, Everton bisa menyertakan sejumlah dana kompensasi peminjaman.

Kondisi ini tidak terlepas dari kepergian James Rodriguez ke Al Rayyan. Gelandang serang asal Kolombia itu tercatat menjadi salah satu pemain dengan gaji tertinggi di skuad the Toffees, yaitu mencapai sekitar 200 ribu poundsterling per pekan.

Alhasil, dengan kepergian Rodriguez, Everton memiliki cukup ruang di neraca keuangannya untuk mendatangkan pemain anyar. Pada jendela transfer pemain awal musim ini, Everton memang lebih banyak mendatangkan pemain dengan status free transfer, termasuk Andros Townsend.

Satu-satunya pemain yang direkrut Everton dengan tebusan nilai transfer pada awal musim ini adalah saat mendatangkan Demarai Gray dari Bayer Leverkusen dengan nilai transfer mencapai dua juta poundsterling.

Pelatih Everton, Rafael Benitez, pun sempat mengungkapkan harapannya soal kehadiran pemain anyar di skuad Everton pada pertengahan musim ini. Di sisi lain, kiprah Van de Beek di United lebih banyak diisi kekecewaan.

Pelatih Man United, Ole Gunnar Solskjaer, lebih memilih menepikan gelandang yang mengantarkan Ajax ke semifinal Liga Champions musim 2018/2019 tersebut. Direkrut dari Ajax pada awal musim lalu, Van de Beek hanya tampil di 36 laga, termasuk di 19 partai di pentas Liga Primer Inggris pada musim lalu.

Begitu pula pada musim ini. Van de Beek baru merumput di tiga partai di semua ajang pada awal musim ini.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA