Jumat 24 Sep 2021 14:46 WIB

Sukabumi Dorong Aparat RT/RW Jadi Contoh Disiplin Prokes

Dengan memberi contoh, warga diharapkan bisa patuh dalam menjalankan prokes.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Teguh Firmansyah
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Penerapan protokol kesehatan (Prokes) dalam pencegahan penyebaran Covid-19 terus digencarkan di Kota Sukabumi. Hal ini ditekankan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi saat menghadiri Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) di tingkat Kelurahan Jayamekar di Kantor Kecamatan Baros, Kamis (24/9).

Momen ini dalam rangka peningkatan kualitas pengetahuan peran tugas dan fungsi Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK), Ketua RW dan RT, LPM/BKM di era pandemi Covid-19. '' Mari aparat wilayah jadi contoh dan teladan dalam penerapan protokol kesehatan,'' ujar ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi.

Baca Juga

Dengan memberi contoh, jelasnya, warga patuh dalam menjalankan disiplin protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Fahmi berharap, ketua RT dan RW memanfaatkan grup medsos WA untuk menyebarkan informasi misalnya dengan selalu menggunakan masker.  Di sisi lain, vaksinasi Covid juga penting dalam mencegah penyebaran.

Fahmi menerangkan, pada tahun ini dana kelurahan tidak ada secara khusus dari pemeintah pusat. Sehingga sekarang mengandalkan Program Pemberdayaan Rukun Warga (P2RW). Oleh karenanya ia mendorong percepatan dan penyerapan P2RW. Harapannya terjadi pergerakan ekonomi di masyarakat khususnya di masa pandemi.

Wali kota juga meminta warga mengantisipasi praktek pinjaman online (Pinjol) dan bank emok atau bank keliling dengan bunga tinggi. Sebab hal itu sangat memberatkan warga.

Camat Baros Samiarto mengatakan, aparat kecamatan akan terus mendorong penerapan prokes hingga ke tingkat RT dan RW.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement