Friday, 23 Rabiul Awwal 1443 / 29 October 2021

Friday, 23 Rabiul Awwal 1443 / 29 October 2021

BI Dukung Gernas BBI dan Gernas BWI

Jumat 24 Sep 2021 14:23 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Fuji Pratiwi

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo. BI mendukung Gernas BBI dan Gernas BWI.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo. BI mendukung Gernas BBI dan Gernas BWI.

Foto: Dok. Bank Indonesia
Dukungan BI antara lain aktif melakukan kegiatan promosi perdagangan UMKM.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Indonesia (BI) menggelar acara Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021. Acara ini sekaligus dilaksanakan untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia Aja (Gernas BWI).

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, BI tidak pernah lelah menghadirkan produk UMKM berkualitas yang dapat diakses secara mudah. "Dari mana saja, kapan saja, melalui website Karya Kreatif Indonesia (KKI), didukung oleh sistem pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman, dan andal," kata Perry dalam Pembukaan Puncak Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021, Kamis (23/9) secara virtual.

Puncak KKI 2021 menampilkan Pagelaran Karya Kreatif, showcasing dan pameran produk UMKM, policy dialogue, business coaching, business matching, talk show, webinar aktivasi wastra, art and culture performance, wisuda UMKM onboarding, dan pemberian penghargaan UMKM.

Melalui Gernas BBI tercatat sejak Mei 2020 hingga Juli 2021, sebanyak 7,2 juta UMKM telah onboarding. Penguatan UMKM dilakukan dari hulu hingga hilir termasuk akses pasar yang lebih luas untuk UMKM hingga ke pasar ekspor.

Berbagai dukungan BI terhadap Gernas BBI dan BWI juga dilakukan melalui peran seluruh kantor perwakilan Bank Indonesia di dalam serta luar negeri yang secara aktif melakukan kegiatan promosi perdagangan UMKM. Mengusung tema Sinergi, Globalisasi, dan Digitalisasi UMKM dan Sektor Pariwisata, acara ini menjadi puncak dari seluruh rangkaian kegiatan road to KKI yang telah berjalan sepanjang 2021.

Puncak KKI 2021 diikuti oleh 525 UMKM dari seluruh Nusantara, baik dari UMKM binaan Bank Indonesia, kementerian, lembaga maupun pemerintah daerah. Pameran secara virtual ini dapat diakses melalui laman KKI dari 23-26 September 2021.

 

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA