Thursday, 15 Rabiul Awwal 1443 / 21 October 2021

Thursday, 15 Rabiul Awwal 1443 / 21 October 2021

BPBD DKI Antisipasi Musim Hujan

Jumat 24 Sep 2021 13:46 WIB

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Bilal Ramadhan

Pengendara melintasi genangan air yang menutupi ruas jalan di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Ahad (19/9).  Genangan setinggi 20 sampai 30 centimeter tersebut terjadi sekitar pukul 17.30 WIB akibat curah hujan yang tinggi dan sistem drainase yang buruk. Republika/Thoudy Badai

Pengendara melintasi genangan air yang menutupi ruas jalan di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Ahad (19/9). Genangan setinggi 20 sampai 30 centimeter tersebut terjadi sekitar pukul 17.30 WIB akibat curah hujan yang tinggi dan sistem drainase yang buruk. Republika/Thoudy Badai

Foto: Republika/Thoudy Badai
BPBD DKI segera melakukan rapat koordinasi dengan Anies soal antisipasi musim hujan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Plh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI, Sabdo Kurnianto, mengatakan, pihaknya hingga kini sedang mengantisipasi musim penghujan. Dalam prosesnya, dia mengaku jika koordinasi dengan dinas-dinas terkait juga terus dilakukan.

Ditanya apakah bencana banjir tahunan nantinya bisa dikendalikan, ia tak menyangkalnya. Menurut dia, upaya semaksimal mungkin akan dilakukan agar tidak terjadi korban, selain dari percepatan recovery.

"Bukan menurut saya, tetapi menurut BMKG, kita selalu mengacu ke data BMKG," ujar Sabdo.

Sabdo melanjutkan, pihaknya akan segera melakukan rapat koordinasi dengan Gubernur DKI menyoal persiapan tersebut. Menurut dia, koordinasi juga akan dilakukan terus dengan BMKG guna mendapat informasi tanggap.


"Kita sudah mempersiapkan, kita sudah melakukan sosialisasi, sebagaimana tahun lalu kita sudah menyebarkan buku panduan untuk masyarakat untuk mengurangi risiko bencana," tutur dia.


Tak sampai di sana, koordinasi dengan para relawan juga diakui dia telah disiapkan. Tujuannya, demi melakukan kesiapsiagaan menghadapi banjir dengan mempersiapkan perahu, dan lainnya.


"Kemudian masyarakat harus juga bisa melakukan evakuasi bersama atau mandiri dengan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19," ungkap dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA