Jumat 24 Sep 2021 09:23 WIB

Tips Manfaatkan SEO untuk Bisnis Online

SEO bisa menjadi alat untuk bisa eksis dan bersaing di dunia digital.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Di era yang serba digital sekarang ini, pemasaran digital (digital marketing) menjadi metode baru yang sangat berperan penting dalam memasarkan suatu bisnis, terutama bisnis seperti online shop.
Foto: istimewa
Di era yang serba digital sekarang ini, pemasaran digital (digital marketing) menjadi metode baru yang sangat berperan penting dalam memasarkan suatu bisnis, terutama bisnis seperti online shop.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi covid-19 membuat bisnis beralih serba onlineAda banyak cara yang bisa dilakukan oleh pemilik usaha, untuk dapat bersaing dan eksis di dunia digital. Salah satunya, adalah dengan memanfaatkan search engine optimization (SEO).

Sebagai platform solusi bisnis satu atap yang juga menyediakan layanan pemasaran, Zilingo berbagi tentang pentingnya mengoptimalkan mesin pencari untuk memperkuat strategi pemasaran digital, khususnya bagi pelaku UMKM.

Baca Juga

Menurut Digital Marketing Manager Zilingo, Fandi Prathama, beberapa hal yang harus pelaku usaha perhatikan, adalah:

Pilih kata kunci yang tepat

Baiknya, kita harus mengetahui beberapa kata kunci yang sering digunakan pengguna mesin pencari untuk mengoptimasi situs bisnis yang dimiliki. Salah satu alat pencari kata kunci yang dapat membantu adalah Google Keyword Planner. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan volume pencarian, kompetisi, dan maksud dari kata kunci yang akan kita gunakan.

Sebar kata kunci di situs laman kita

Setelah menemukan kata kunci yang tepat, sekarang saatnya menyebar kata tersebut di situs kita. Sebisa mungkin sematkan kata kunci pada judul, deskripsi produk, meta description, URL ataupun header.

Fokus pada penawaran unik yang dimiliki

Untuk meningkatkan posisi dalam pencarian laman di industri kita, carilah kata-kata yang sesuai dengan kelebihan produk atau layanan usaha. Misalnya, berikan penawaran yang unik ataupun jelaskan tentang keunggulan produk yang ditawarkan.

Perhatikan nama file

Situs laman bisnis biasanya memerlukan aset visual berupa foto ataupun video untuk mempercantik tampilannya. Sebelum mengunggah file, pastikan kita telah mengubah namanya menjadi lebih relevan dengan kata kunci.

Buat blog

Cara lain untuk meningkatkan traffic dan leads dari situs laman bisnis adalah dengan membuat blog bisnis. Menulis blog bisnis sama konsepnya dengan content management yang biasa diterapkan di media sosial, hanya saja dalam format yang lebih mendalam.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement