Kamis 23 Sep 2021 23:22 WIB

Benarkah Islam Larang Bertanya dan Berpikir Kritis?

Islam mendorong umatnya bertanya dan berpikir kritis

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah
Islam mendorong umatnya bertanya dan berpikir kritis. Anak bertanya/ilustrasi
Foto: rackcdn.com
Islam mendorong umatnya bertanya dan berpikir kritis. Anak bertanya/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,  KAIRO— Sebagian kalangan beranggapan Islam melarang umatnya berpikir kritis dan rasional. Benarkan demikian? 

Anggota Al-Azhar International Center for Electronic Fatwa, Syekh Ibrahim Jamil mengatakan Islam adalah agama yang mendorong pemikiran rasional. Islam disebutnya adalah agama logis dan tidak mencegah dialog atau pertanyaan. 

Baca Juga

Dilansir dari Elbalad, dia juga mencontohkan, subjek pertanyaan disebutkan dalam Alquran sebanyak 129 kali. Hal ini adalah bukti terbesar bahwa Islam tidak melarang menjadi kritis atau mempertanyakan tentang agama. 

Pada aspek doktrin saja, sikap kritis diterima, mulai dari pertanyaan paling sulit yang dicari kaum materialis dan ateis, seperti pertanyaan tentang Pencipta alam semesta dan sifat-sifatnya. 

Hingga tentang awal mula manusia, alasan keberadaannya, penciptaan, kehidupannya, kematiannya, takdirnya, dan hari kiamat. 

Syekh Ibrahim Jamil juga menyebut, menjadi kritis dengan bertanya tentang masalah hukum Islam juga dibenarkan. Seperti tentang mata pencaharian, uang, warisan, anak yatim, miras, judi, halal, dan haram. 

Pertanyaan-pertanyaan lain juga diterima terkait informasi yang dijelaskan Islam dalam Alquran. Seperti isu-isu sejarah yang terjadi sebelum Islam, kisah orang-orang gua hingga kisah kehebatan Dzulkarnain. Mengapa ada isu Islam melarang berpikiran kritis? 

Syekh Ibrahim Jamil  menekankan, beberapa orang mempromosikan bahwa bertanya dilarang dalam Islam. Dia menyebut hal ini bisa terjadi karena dua alasan, yakni karena penanya mungkin tidak menyampaikan pertanyaan dengan baik atau juga karena orang yang bertanggung jawab tidak tahu jawabannya.  

“Ketika Anda bertanya tentang sesuatu dalam agama, Anda harus meminta pengetahuan saja, bukan untuk keras kepala atau kontroversi dan kekeraskepalaan. Dan Anda harus bertanya kepada para ahli karena Allah berfirman dalam kitab-Nya yang tercinta, surat an nahl ayat 43:

فَسْـَٔلُوٓا۟ أَهْلَ ٱلذِّكْرِ إِن كُنتُمْ لَا تَعْلَمُونَ (Tanyakan kepada orang-orang dari dzikir jika kamu tidak mengetahuinya) dan ahli zikir adalah ahli dalam segala bidang.),” jelasnya.   

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement