Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Beruban Sebelum Waktunya Tanda Kurang Vitamin B12

Jumat 24 Sep 2021 03:00 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda

Rambut beruban sebelum waktunya (ilustrasi). Kekurangan nutrisi, seperti vitamin B12, dapat berdampak pada kesehatan rambut.

Rambut beruban sebelum waktunya (ilustrasi). Kekurangan nutrisi, seperti vitamin B12, dapat berdampak pada kesehatan rambut.

Foto: www.freepik.com
Orang dewasa membutuhkan 1,5 mikrogram vitamin B12 setiap hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rambut beruban bisa membuat orang tidak percaya diri, terutama bagi yang belum terlalu berumur. Muncul lebih awal, uban bisa menjadi tanda bahwa tubuh kekurangan nutrisi penting, misalnya vitamin B12.

Beberapa penelitian terbaru menunjukkan kekurangan nutrisi dapat berdampak besar pada rambut. Sejumlah penelitian tersebut merekomendasikan agar orang memastikan mereka mengonsumsi cukup Vitamin B12.

Vitamin B12 terlibat dalam membantu tubuh membuat sel darah merah dan menjaga sistem saraf tetap sehat. Ini juga digunakan oleh tubuh untuk melepaskan energi dari makanan.

Sementara itu, kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia defisiensi vitamin B12. Ini terjadi ketika kekurangan vitamin B12 atau folat menyebabkan tubuh memproduksi sel darah merah besar yang tidak normal yang tidak dapat bekerja dengan baik.

Orang dewasa, berusia 19 hingga 64 tahun, diketahui membutuhkan sekitar 1,5 mikrogram vitamin B12 per hari. Dibutuhkan beberapa saat untuk mengetahui kekurangan vitamin B12, karena tubuh dapat menyimpan nutrisi selama beberapa tahun.

Di sisi lain, jangan terlalu banyak mengonsumsi suplemen vitamin B12. Cukup dua mikrogram atau kurang dalam sehari vitamin B12 agar tidak akan menyebabkan kerusakan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA