Monday, 19 Rabiul Awwal 1443 / 25 October 2021

Monday, 19 Rabiul Awwal 1443 / 25 October 2021

Gigi Berlubang Berpengaruh pada Kesehatan Tubuh

Kamis 23 Sep 2021 19:11 WIB

Red: Nora Azizah

Gigi berlubang mempengaruhi kesehatan tubuh, termasuk jantung.

Gigi berlubang mempengaruhi kesehatan tubuh, termasuk jantung.

Foto: Wikipedia
Gigi berlubang mempengaruhi kesehatan tubuh, termasuk jantung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Dr dr R M Sri Hananto Seno SpBM(k) MM mengatakan, gigi berlubang akan mempengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh, termasuk kesehatan jantung. Pasalnya, mulut adalah pintu untuk bakteri berkembang biak. 

Jika ada sisa makanan yang menempel pada gigi atau gusi maka terjadi fermentasi, dan setelah 24 jam bisa menyebabkan proses perusakan gigi. Gigi berlubang yang semakin dalam akan merusak hingga ke vulva dan bisa menyebabkan peradangan. Peradangan tersebut kemudian akan menyebabkan terbukanya suatu pembuluh darah di dalam mulut sehingga akhirnya mikroorganisme atau bakteri akan masuk ke dalam.

Baca Juga

"Banyak mikroorganisme yang ganas dan banyak sekali terjadi di rongga mulut saat masuk ke sirkulasi darah, masuk ke dalam tubuh ke aliran darah akhirnya bisa masuk ke otak, jantung, ginjal, sendi-sendi, kulit dan lain-lain," ujar Seno dalam webinar "Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2021" pada Kamis (23/9).

Seno mengatakan, sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Jika terdapat permasalahan seperti gigi berlubang, baiknya segera diatasi agar masalahnya tidak berkembang lebih jauh.

"Ini sangat berbahaya sekali kalau kita tidak bisa menjaga gigi. Kalau sudah berlubang ya harus diatasi dengan baik, jangan sampai ada mikroorganisme yang masuk ke sistem sirkulasi tubuh kita, kalau sudah masuk ya penyakit-penyakit lain akan masuk, ada jantung, kalau di otak, ada meningitis," kata Seno.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA