Jumat 24 Sep 2021 02:40 WIB

Atdikbud KBRI Canberra Harap Mahasiswa Mau Jadi Agripreneur

Mahasiswa diharapkan tertarik terjun ke dunia pertanian setelah lulus.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Canberra, Australia, Mukhamad Najib memberi pemaparan dalam Agricultural Youth Online Focus Group Discussion yang diadakan oleh Deakin University bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) pada Kamis (23/9).
Foto:

Najib menyebut bahwa gambaran dunia pertanian yang dipersepsikan anak muda selama ini kurang menarik. Apalagi, selama ini, generasi milenial mempersepsikan pertanian identik dengan risiko yang tinggi, pendapatan yang rendah dan hanya cocok untuk mereka dengan latar belakang pendidikan terbatas.

"Inilah yang menyebabkan banyak anak muda enggan memasuki dunia pertanian," kata Najib.

Najib berpendapat jika kaderisasi petani mengalami stagnasi atau bahkan hingga menurun, maka tidak ada lagi yang mau memproduksi pangan dan itu adalah kondisi yang sangat berbahaya. Ia mengatakan, situasi itu sama seperti dengan adanya lahan, namun tidak ada petani.

Najib meningatkan, setiap tahun jumlah penduduk naik. Artinya, jumlah kebutuhan pangan meningkat. Namun sebaliknya, jumlah petani yang notabene adalah produsen pangan berkurang setiap tahun.

"Jika ini terjadi terus menerus, kira-kira apa yang akan kita makan di masa depan?” kata Najib.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement