Jumat 24 Sep 2021 01:20 WIB

Atdikbud Canberra Promosikan Program Merdeka Belajar

Merdeka Belajar, mahasiswa dapat ikuti pertukaran pelajar dengan kampus di Canberra.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Canberra, Australia, Mukhamad Najib memberi pemaparan dalam Agricultural Youth Online Focus Group Discussion yang diadakan oleh Deakin University bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) pada Kamis (23/9).
Foto:

Kegiatan Agricultural Youth Online Focus Group Discussion (FGD) adalah bagian dari Advancing Innovations and Resilience in Agricultural Youth project yang merupakan kegiatan kerja sama antara Deakin University dan IPB. Tim inti yang terlibat dari Deakin University adalah Risti Permani, sementara dari IPB adalah Sahara selaku ketua departemen Ilmu Ekonomi, serta Suprehatin yang merupakan dosen dari jurusan Agribisnis.

Risti, yang juga merupakan kepala dari kegiatan ini mengatakan bahwa proyek kerja sama antara Deakin dan IPB memiliki tujuan untuk memajukan inovasi dan ketahanan pemuda yang bergerak di sektor pertanian, yakni dengan mengumpulkan berbagai keahlian dari para pemimpin muda di Indonesia dan Australia mengenai pencapaian, inovasi, dan ketahanan dalam menavigasi bisnis di bidang pertanian. Proyek ini juga melingkupi aktivitas penelitian dan perumusan kebijakan di bidang pertanian, khususnya untuk mendukung pemuda dalam berkarier di sektor pertanian. 

FGD kali ini, menurut Risti, bertujuan untuk mempertemukan organisasi-organisasi yang selama ini terlibat dalam isu pertanian, baik di Australia maupun di Indonesia. Ia mengatakan bahwa nantinya terdapat pemetaan awal mengenai aktivitas yang sudah dan sedang dijalankan oleh masing-masing organisasi terkait dengan isu pertanian dilakukan.

"Ini sekaligus untuk mengidentifikasi berbagai bidang potensial untuk kerjasama antara Australia dan Indonesia dalam usaha mendukung kaum muda bergerak di sektor pertanian," jelas Risti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement