Kamis 23 Sep 2021 15:20 WIB

Taliban Desak PBB Akui Pemerintahannya di Afghanistan

Taliban memiliki hak untuk menunjuk duta besar baru

Rep: AP/Kamran Dikarma/ Red: Muhammad Subarkah
Bendera Taliban berdiri di dalam Pusat Media dan Informasi Pemerintah di Kabul, Afghanistan, Selasa, 21 September 2021.
Foto: AP/Bernat Armangue
Bendera Taliban berdiri di dalam Pusat Media dan Informasi Pemerintah di Kabul, Afghanistan, Selasa, 21 September 2021.

IHRAM.CO.ID,WASHINGTON -- Utusan Taliban untuk PBB Suhail Shaheen meminta dunia segera mengakui pemerintahan kelompoknya di Afghanistan. Sebelumnya Taliban telah menulis surat kepada PBB dan meminta agar Shaheen diizinkan berpidato di sidang Majelis Umum. 

“Kami memiliki semua persyaratan yang diperlukan untuk pengakuan pemerintah. Jadi kami berharap PBB sebagai badan dunia yang netral mengakui pemerintah Afghanistan saat ini,” kata Shaheen saat diwawancara Associated Press pada Rabu (22/9). 

Afghanistan terdaftar sebagai pembicara terakhir dari pertemuan tingkat menteri pada Senin mendatang. Jika tidak ada pengakuan dunia terhadap Taliban datang pada saat itu, Duta Besar Afghanistan Ghulam Isaczai akan memberikan pidatonya.

Isaczai saat ini diakui sebagai duta besar Afghanistan untuk PBB. Namun Taliban, yang kini menguasai dan mengontrol sebagian besar negara tersebut, berpendapat, mereka memiliki hak untuk menunjuk duta besar baru. 

 

Menurut juru bicara Majelis Umum Monica Grayley, komite PBB akan melakukan pertemuan pada November mendatang untuk membahas tentang terhadap pemerintahan Taliban di Afghanistan. Dia mengungkapkan, keputusan mengenai diakui atau tak diakuinya pemerintahan Taliban akan dirilis pada waktunya. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement