Kamis 23 Sep 2021 13:23 WIB

Koeman Singgung Lagi Momen Ketergantungan Barca pada Messi

Barcelona belajar mandiri setelah lebih dari 1 dekade terakhir bergantung pada Messi.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Lionel Messi saat masih bermain memperkuat Barcelona.
Foto: AP Photo/Joan Monfort
Lionel Messi saat masih bermain memperkuat Barcelona.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, buka-bukaan tentang kondisi klubnya. Belakangan, Barca kembali disorot.

Blaugrana tanpa kemenangan dalam dua laga terakhir. Dimulai dari kekalahan dari Bayern Muenchen, hingga ditahan imbang Getafe.

Baca Juga

Situasi demikian memperlihatkan kualitas raksasa Katalan yang sebenarnya. Sebuah tim yang mulai tertinggal jauh dari para elite lainnya.

Menurut Koeman, penurunan kualitas Barcelona, sudah terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Namun keadaan demikian ditutupi karena adanya Lionel Messi.

"Messi menutupi semua kekurangan di klub ini. Tentu saja, ada beberapa pemain bagus di sekitarnya, tapi dia yang membuat perbedaan," kata juru taktik asal Belanda, dikutip dari Sportskeeda, Kamis (23/9).

Menurut Koeman, La Pulga, julukan Messi, bisa membuat rekan-rekannya bermain lebih baik. Ia melihat kapten Argentina itu terlibat dalam semua situasi.

Baik dalam hal mengendalikan ritme permainan, memberikan umpan, hingga mencetak gol. Tapi kini sang bintang telah pergi.

Pertama kalinya, Barca belajar mandiri setelah lebih dari satu dekade terakhir bergantung pada Messi. Kelihatan, periode transisi ini kurang menyenangkan untuk semua elemen terkait klub tersebut.

Namun Koeman tidak patah semangat. Ia mengaku tidak sedang mengkritiasi anak asuhnya. Ia hanya menggambarkan hasil pengamatannya.

Ia tetap bergairah membesut klub raksasa Katalan. Sampai tak ada yang mendengarkan dia, barulah sang meneer keluar dari Camp Nou.

"Satu-satunya cara saya akan berhenti bekerja di klub ini adalah jika pesan saya tidak sampai ke pemain lagi," te Koeman.

Ia merasa kerja sama antara mereka berjalan lancar. Ia merasa senang, berinteraksi dengan semua anak asuhnya, setiap hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement