Kamis 23 Sep 2021 17:00 WIB

Riwayat 63 Pejuang Riyadh di Arab Saudi

Riwayat 63 Pahlawan Penyelamat Riyadh di Arab Saudi

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
Riwayat 63 Pahlawan Pejuang Riyadh
Foto: Arab News
Riwayat 63 Pahlawan Pejuang Riyadh

IHRAM.CO.ID,RIYADH—Benteng Masmak, sebuah benteng yang terbuat dari tanah liat yang terletak di tengah-tengah kota Riyadh, Arab Saudi mengabadikan 63 nama orang-orang yang dianggap sebagai pahlawan yang berjasa bagi Kerajaan. Dalam destinasi sejarah yang dibangun pada abad ke-19 dan dibangun atas inisiatif Raja Abdul Aziz ibn Abdul Rahman ini, riwayat dan peninggalan 63 pahlawan dipampang dengan apik.

Sejarah diawali dengan persaingan dinasti Rashidi pada Pertempuran Mulayda pada 1891, ketika Abdulaziz ibn Abdullah Al-Saud diusir dari Riyadh dan menjalani pengasingan selama 11 tahun, berakhir pada 15 Januari 1902. Saat kembali dia dan pasukan kecilnya menyerbu benteng Masmak Riyadh yang dikuasai Rashidi, menjadi satu-satunya peristiwa paling penting dalam kisah Kerajaan Saudi. Abdulaziz memutuskan untuk mengejutkan para pembela Rashidi dengan menyerang dari arah yang tidak terduga, dan pada awalnya memimpin anak buahnya ke barat daya, menjaga pantai Teluk di sebelah kiri mereka. 

Baca Juga

Mereka bertahan hidup hanya dengan mengandalkan persediaan kurma, air dan kambing yang mereka bawa dalam perjalanan. Pada malam hari mereka mengistirahatkan diri di cekungan gurun agar tidak terlihat oleh suku Rashidi yang berpatroli. Tanpa mereka ketahui, kini gurun yang mereka jadikan ‘kasur’ itu merupakan tambang minyak terbesar di dunia. 

Pada bulan November pasukan kecil itu berkemah di sekitar kota modern Haradh, di tepi utara Empty Quarter dan sekitar 250 km dari Riyadh. Di sanalah seorang utusan dari Kuwait datang dan membawa kabar buruk, orang-orang Turki dikabarkan akan datang membantu Rashid di Riyadh.

Mereka memutuskan kembali di Kuwait, diasumsikan bahwa Abdulaziz akan menyerah dan kembali ke rumah. 

Namun sebaliknya, menurut legenda, dia mengumpulkan anak buah dan prajuritnya, membacakan surat itu kepada mereka dan mengajak mereka untuk berjuang. Adapun bagi dirinya sendiri, katanya, dia lebih suka mati di gerbang Riyadh, dan orang-orang yang berpikiran sama dipersilakan untuk bergabung dengannya. Semua berdiri di sampingnya, berteriak "Sampai mati!", Dan hanya satu utusan yang kembali ke Kuwait, membawa pesan dari Abdulaziz kepada ayahnya, “Katakan padanya kita akan bertemu lagi, insya Allah, di Riyadh."

Abdulaziz memang berani, tapi dia tidak bodoh. Alih-alih langsung menuju ke Riyadh, dia membawa anak buahnya lebih jauh ke selatan ke Empty Quarter, di mana mereka berbaring tak terlihat selama hampir 50 hari di sekitar oasis Yabrin, berharap hilangnya mereka akan membuat garnisun Riyadh merasa aman. Rencananya berhasil. Mereka berjarak tujuh hari perjalanan dari Riyadh dan Abdulaziz mengatur waktu kedatangan rombongannya bertepatan dengan bulan yang tipis dan malam yang gelap di akhir Ramadhan. 

Akhirnya, ketika para penjaga kota tidur larut malam setelah perayaan Idul Fitri pada malam sebelumnya, Abdulaziz dan anak buahnya berkumpul di dataran tinggi yang menghadap ke kota. Saat matahari terbenam rombongan penyerang bergerak diam-diam ke depan, memanjat tembok kota dan mengambil posisi di sebuah rumah di seberang gerbang benteng Masmak. 

Di balik temboknya terbaring gubernur Rashidi yang sedang tidur, Ajlan. Keesokan paginya, ketika gubernur dan beberapa penjaga muncul dari benteng, Abdulaziz dan anak buahnya bergegas maju. Ada berbagai kisah tentang apa yang terjadi selanjutnya, tetapi sebagian besar setuju dengan narasi dramatis berikut.

Saat Ajlan dan pengawalnya berbalik untuk mengamankan benteng, gubernur dijatuhkan oleh Abdulaziz sendiri. Saat calon Raja bertarung dengan Ajlan, nyawa Abdulaziz diselamatkan oleh sepupunya, Abdullah ibn Jalawi ibn Turki Al-Saud, yang membunuh seorang penjaga yang hendak menyerang sepupunya dari belakang.

Saat para pembela di benteng melepaskan tembakan, tombak yang dilempar oleh Fahad ibn Jalawi ibn Turki Al-Saud, sepupu Abdulaziz lainnya, meleset dari Ajlan dan tertancap di kayu gerbang, di mana ujung senjatanya masih bisa dilihat sampai sekarang. Meski terluka, Ajlan berhasil menyelinap masuk ke dalam benteng melalui lubang kecil di dalam gerbang, tetapi Abdullah masuk mengejarnya dan membunuhnya.

Pada akhirnya, Garnisun menyerah dan kemudian pada hari itu dan ribuan warga Riyadh berkumpul untuk berjanji setia kepada Abdulaziz. Dalam kata-kata penulis Robert Lacey tahun 1981 buku “The Kingdom”, “Al-Saud adalah tuan di rumah mereka sendiri lagi dan mereka tetap menjadi tuan sejak itu.” Nasib 63 orang yang menemani Abdulaziz ke Riyadh mendapat julukan “pahlawan”.

Pada Januari 1902, Abdulaziz memerintahkan 23 orang untuk menjadi pasukan cadangan dan menjaga unta. Dia hanya menyerang benteng Masmak dengan 40 orang sisanya. Di antara mereka ada 10 anggota keluarga Abdulaziz sendiri, yang semuanya memainkan peran penting hari itu dalam pemulihan Al-Saud.

Abdullah bin Jalawi bertempur di banyak pertempuran berikutnya yang mengarah pada penyatuan Najd dan Hijaz. Dia kemudian menjabat sebagai gubernur Al-Qasim dan Al-Ahsa dan hidup cukup lama untuk menyaksikan berdirinya Kerajaan Arab Saudi pada 23 September 1932, meninggal pada 1935. Sedangkan Fahad ibn Jalawi, yang ujung tombaknya tetap tertancap di gerbang benteng Masmak hingga hari ini, tewas dalam salah satu pertempuran unifikasi di akhir tahun yang sama. Sementara Abdullah ibn Saud ibn Abdullah Al-Saud dan Fahad ibn Ibrahim ibn Meshari Al-Saud selamat dari perebutan kembali Riyadh dan beberapa pertempuran besar berikutnya, hingga akhirnya dibunuh di Al-Bakiriya pada tahun 1904.

Sumber:

 https://www.arabnews.com/node/1932336/saudi-arabia

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement