Tim Basket 3x3 Sumut Jaga Optimisme Walau tanpa Try Out

Red: Israr Itah

Tim basket 3x3 Sumut yang akan berlaga di PON XX Papua.
Tim basket 3x3 Sumut yang akan berlaga di PON XX Papua.
Foto: Istimewa
Tim basket 3x3 putra Sumut tergabung di Pool B bersama Riau, Jabar, dan DKI Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim basket 3x3 putra Sumatra Utara (Sumut) bersiap menjalani pertarungan sengit memperebutkan emas di Pekan Olahraga Olahraga (PON) XX Papua, bulan depan. Latihan intensif sudah digelar jauh-jauh hari demi mendapatkan hasil terbaik dari nomor basket 3x3 yang akan digelar pertama kalinya pada pesta olahraga empat tahunan ini.

Pelatih tim basket 3x3 putra Sumut Donald Partogi Marpaung mengapungkan optimismenya, walaupun ada sedikit kendala jelang keberangkatan ke Papua. "Kami kesulitan mendapatkan lawan tanding untuk uji coba di luar (try out)," ujar Donald saat dihubungi Republika.co.id beberapa waktu lalu.  

Baca Juga

Ia mengatakan, tim pelatih sudah memprogramkan uji tanding di Jakarta jelang keberangkatan. Namun karena pandemi Covid-19 membuat tim 3x3 putra Sumut tak bisa berangkat. Pihak KONI Sumut tampaknya juga berusaha mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya pemain terkena Covid-19. Sebab, ini akan membuat tim tak bisa bertanding di Papua nanti.

Alhasil, Donald hanya berusaha memaksimalkan uji coba di Medan dengan para pemain lokal. Pilihan ini pun bukan tanpa kendala. Sebab selama pandemi Covid-19, hampir seluruh kegiatan basket di Medan berhenti akibat aturan PPKM. 

"Jadi pemain-pemain senior di Medan pun sudah lama tidak latihan," ujar Donald.

Selain itu, upaya lainnya adalah dengan menggelar gim internal antarsesama pemain. Walaupun yang dikirim nanti hanya empat pemain, ada enam orang yang masuk pemusatan latihan tim basket 3x3 putra di Medan. 

"Dengan enam orang kami bisa tetap menggelar latihan internal. Panitia PON pun mengizinkan mendaftarkan pemain lebih dari empat sebagai antisipasi ada yang cedera, sehingga kami mengumpulkan enam pemain di pemusatan latihan di sini," ujar mantan pemain Angsapura yang pernah berlaga di kompetisi IBL ini.

Sumut tergabung di Pool A bersama Jawa Barat (Jabar), Riau, dan DKI Jakarta. Persaingan bakal sengit di pool ini. Riau antara lain diperkuat oleh M Yudi Partogi Sinaga, pemain asal STIE Perbanas yang pernah mengikuti rookie combine IBL. Ada juga Danny Ray, guard Prawira Bandung.

Jabar diperkuat para pemain yang biasa tampil di 3x3 serta pemain Dewa United Dio Syahputra Dyanza. Sementara DKI Jakarta diperkuat pemain Prawira Bandung Adrian Danny Christianto.

Namun materi pemain Sumut juga tak kalah mentereng. Sebab di sana bercokol Teemo, rookie Prawira Bandung di IBL 2021. Ada juga Juan Harsab Maulana yang pernah memperkuat timnas Indonesia di kejuaraan FIBA Asia U-18. Dengan materi ini, tim Sumut menempati posisi lima saat Pra-PON, di atas DKI yang menempati peringkat enam.

Dengan fakta-fakta di atas, ditambah 3x3 berbeda dengan basket 5x5, membuat Donald berhati-hati sekaligus tetap optimistis akan peluang timnya. 

"Basket 3x3 baru pertama dipertandingkan di PON, jadi pada dasarnya tak ada yang diunggulkan karena merata. Semua sama peluangnya. Bermain 10 menit tentu beda dengan empat kuarter. Persaingan bakal sengit. Belum lagi misalnya kalau ada pemain cedera yang bisa membuat momentum pertandingan bisa berubah cepat. Jadi kami tetap optimistis dan siap bertarung di Papua nanti," kata Donald menegaskan.

Setiap tim akan bertemu sekali di penyisihan grup. Peringkat pertama akan lolos ke final. Sementara posisi dua akan bertemu peringkat dari pool berbeda untuk memperebutkan dua tiket semifinal tersisa.

Tim basket 3x3 putra Sumut akan ke Papua pada 8 Oktober. Mereka akan bertanding pada 12 Oktober di Mimika. Donald berharap seluruh pemainnya sehat hingga hari H pertandingan. Sehingga, mereka bisa meraih target maksimal nanti.

"KONI Sumut menargetkan perak. Namun kami akan berusaha mendapatkan lebih," kata Donald menegaskan.

Tim basket putra 3x3 Sumut

Pemain

Petrus Brando Saragih Turnip (Benteng)

Teemo (Alumni Sutomo/Prawira Bandung)

Juan Harsab Maulana (Alumni Sutomo) 

Chelvanno Yosua Limbong (Benteng)

Pelatih

Donald Partogi Marpaung

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Komentar

Terkait


10 Atlet Temanggung Perkuat Tim PON Jateng (ilustrasi).

10 Atlet Temanggung Perkuat Tim PON Jateng

Pemain tim sepak bola Jawa Barat Andri (kanan) berebut bola dengan pemain dari klub Persindra di Stadion Tridaya, Indramayu, Jawa Barat, Kamis (16/9/2021). Laga uji tanding tersebut sebagai bagian dari persiapan tim sepak bola Jawa Barat untuk berlaga di PON Papua mendatang.

Tim Sepak Bola Jabar Boyong 20 Pemain ke PON Papua

Atlet cabang olahraga Tarung Derajat Ainun Kuswandi mengikuti sesi latihan di Gedung KNPI, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (20/10/2020). Latihan rutin tersebut digelar guna menjaga daya tahan fisik dan melatih daya ledak jelang menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua 2021 mendatang.

Pelatih Tarung Derajat Sumbar Genjot Latihan Atlet Jelang PO

Tim dayung Sulawesi Tenggara berlatih di Venue Dayung, Teluk Youtefa, Kota Jayapura, Papua, jelang PON XX.

Atlet Dayung Mulai Tes Arena PON Papua

Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi.

Tujuh Atlet Sukabumi Dilepas Ikut PON dan Peparnas di Papua

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image