Kamis 23 Sep 2021 11:23 WIB

Larangan Tengak-tengkok Ketika Sholat

Selain akan merusak kekhusyuan sholat, banyak bergerak juga bisa membatalkan sholat.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Esthi Maharani
Ilustrasi sholat di masjid dengan protokol kesehatan (menjaga jarak).
Foto: AP Photo/Kirsty Wigglesworth
Ilustrasi sholat di masjid dengan protokol kesehatan (menjaga jarak).

IHRAM.CO.ID, Ketika melaksanakan sholat lakukanlah dengan khusyuk dan tenang. Jangan sampai melakukan gerakan-gerakan diluar gerakan sholat. Sebab selain akan merusak kekhusyuan sholat, banyak bergerak juga bisa membatalkan sholat.

Bahkan seseorang Muslim yang banyak melakukan gerakan diluar gerakan sholat  seperti menggoyang-goyangkan tubuhnya ketika sholat itu disamakan seperti orang Yahudi ketika mereka beribadah.

Sebagaimana dalam kitab at Targib wat Tarhib pada pembahasan peringatan keras bergerak-gerak dan tengkok-tengkok dalam sholat, menuliskan keterangan hadits nabi Muhammad Saw

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  : اِذَاقَامَ أَحَدُكُمْ اِلَى الصَّلَاةِ فَلْيَسْكُنْ أَطْرَافَهُ وَلَا يَتَمَايَلْ كَمَايَتَمَايَلُ الْيَهُوْدُفَاِنَّ سُكُوْنَ الْاَطْرَافِ فِى الصَّلَاةِ ِمْن تَمَامِ الصَّلَاةِ.

Rasulullah Saw bersabda: Ketika berdiri salah satu kalian untuk sholat maka tenanglah tiap-tiap anggota badannya, dan jangan bergoyang-goyang seperti bergoyang-goyang orang Yahudi. Karena sesungguhnya tenangnya anggota badan di dalam sholat itu sebagian dari keutamaan sholat.

Begitupun ketika sholat jangan sekali-kali tengak-tengkok karena bukan saja membuat sholat tidak khusyuk tapi juga bisa membatalkannya sholat. Bahkan orang yang tengak-tengkok dalam sholat itu sangat dibenci Allah sehingga Allah pun tidak mau memandang orang tersebut.

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اَلْاِلْتِفَاتُ فِى الصَّلَاةِ اِخْتِلَا سٌ يَخْتَلِسُهُ الشَّيْطَانُ مِنْ صَلَاةِ الْعَبْدِوَاِنَّ اللَّهَ لَا يَزَ الُ مُقْبِلًا عَلَى الْعَبْدِ فِى الصَّلَاةِ مَالَمْ يَلْتَفِتْ فَاِذَاصَرَفَ وَجْهَهُ انْصَرَفَ عَنْهُ.

Rasulullah Saw bersabda:  Tengak-tengkok (menoleh) ketika dalam sholat itu gangguan, yang mengganggunya itu setan dari sholatnya seorang hamba. Dan sesungguhnya Allah itu tidak henti-hentinya memandang hamba-hamba dalam sholatnya sekama tidak tengak-tengkok. Maka jika hamba itu memalingkan wajahnya, maka berpaling Allah dari hamba itu.  Andrian Saputra

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement