Saturday, 10 Rabiul Awwal 1443 / 16 October 2021

Saturday, 10 Rabiul Awwal 1443 / 16 October 2021

Ben Foster Kenang Peran Ronaldo Saat MU Raih Piala Liga 2009

Kamis 23 Sep 2021 01:12 WIB

Rep: Rahmat Fajar / Red: Israr Itah

Mantan kiper Manchester United Ben Foster

Mantan kiper Manchester United Ben Foster

Foto: PA/PETER POWELL
Ronaldo menyemangati Ben Foster menjelang adu penalti MU lawan Tottenham Hotspur.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Cristiano Ronaldo bukan sekadar jago dalam urusan mencetak gol. Ia juga punya besar dalam memompa semangat rekan satu timnya. Itu terbukti dalam beberapa kesempatan baik bersama klub maupun dengan timnas Portugal. Ia tak jarang memberikan semangat dan itu seringkali cukup jitu.

Mantan kiper MU, Ben Foster salah satu orang yang merasakan sangat berpengaruhnya Ronaldo terhadap penampilannya. Hal tersebut terjadi dalam final Piala Liga 2009 melawan Tottenham Hotspur. Saat itu Ronaldo memberikan semangat ketika masuk ke babak adu penalti.

Baca Juga

Tottenham merupakan juara bertahan waktu itu setelah mengalahkan Chelsea 2-1 di final Piala Liga 2008. Melawan MU, skor berakhir imbang hingga babak perpanjangan waktu sehingga pemenang harus ditentukan lewat adu penalti.

Momen ini merupakan ujian berat bagi seorang kiper. Namun Ronaldo datang menghampiri Foster memberikan semangat. Foster mengakui dukungan tersebut membuatnya benar-benar bersemangat. Hasilnya MU pun menang.

“Saya ingat peluit penuh waktu telah berbunyi dan itu akan menuju ke adu penalti. Kami berjalan keluar lapangan dan dia benar-benar datang kepada saya dan melingkarkan lengannya di sekitar saya. Ingatlah saya dua tahun lebih tua darinya dan saya seperti anak kecilnya, tapi itu Ronaldo. 'Ini momen kamu', kata Ronaldo ,” kenang Foster, dilansir dari Mirror, Rabu (22/9).

Foster mengingat sikap Ronaldo yang sangat hangat. Oleh karena itu, Foster secara terbuka memuji Ronaldo dengan menyebut pria top.

Baca juga : Pertempuran Sengit Oposisi dan Junta Myanmar Pecah

Foster pun dinobatkan sebagai man of the match dalam laga yang berakhir 4-1 untuk kemenangan MU. Tahun itu rupanya menjadi tahun terakhir Ronaldo berseragam MU karena dia hijrah ke Real Madrid dengan biaya transfer 80 juta poundsterling.

Ronaldo telah kembali ke Old Trafford dan mungkin kembali bermain di Piala Liga untuk pertama kalinya sejak 12 tahun. MU akan menjamu West Ham United di putaran ketiga Piala Liga atau yang kini dikenal Piala Carabao, Kamis (23/9) dini hari WIB. Sebelum, MU juga menghadapi lawan yang sama pekan lalu di Liga Inggris yang dengan hasil 2-1 untuk kemenangan Ronaldo dan kawan-kawan.

Ronaldo mencetak gol penyama kedudukan 1-1 setelah sebelumnya tertinggal 1-0 lewat gol Said Benrahma. Jesse Lingard menjadi pahlawan kemenangan dengan tendangan melengkungnya. West Ham gagal menyamakan kedudukan 2-2 karena kaptem tim Mark Noble gagal mengeksekusi penalti jelang laga berakhir

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA