Monday, 19 Rabiul Awwal 1443 / 25 October 2021

Monday, 19 Rabiul Awwal 1443 / 25 October 2021

Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Picu Penuaan Tubuh

Rabu 22 Sep 2021 17:04 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti

Kebiasaan yang bisa memicu penuaan tubuh, salah satunya terlalu banyak mendapatkan paparan sinar biru dari layar ponsel (ilustrasi).

Kebiasaan yang bisa memicu penuaan tubuh, salah satunya terlalu banyak mendapatkan paparan sinar biru dari layar ponsel (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com.
Terlalu banyak mendapatkan paparan sinar biru bisa mempercepat penuaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penuaan merupakan proses alami yang pasti akan dilalui oleh setiap orang. Akan tetapi, kebiasaan sehari-hari yang kurang baik dapat membuat tanda-tanda penuaan ini menjadi lebih cepat mucul dan terjadi.

Setidaknya ada lima kebiasaan umum yang tanpa disadari dapat mempercepat proses penuaan tubuh. Berikut ini adalah kelimanya, seperti dilansir di Eat This Not That pada Rabu (22/9):

1. Menatap layar gawai

Ilmuwan mengungkapkan bahwa terlalu banyak mendapatkan paparan sinar biru bisa mempercepat penuaan. Sinar biru merupakan sinar yang biasa dipancarkan melalui layar ponsel pintar atau komputer.

Studi pada 2019 dalam jurnal Aging and Mechanisms of Disease menemukan bahwa cahaya biru dapat merusak sel-sel di otak dan mata. Ilmuwan merekomendasikan untuk mendapatkan lebih banyak cahaya alami. Penggunaan kacamata yang dapat menghalau sinar biru dapat membantu meminimalisasi efek kerusakan tersebut.

2. Tidak menggunakan pelembap dan tabir surya

Pelembap dapat menahan air di dalam kulit sehingga kulit tampak lebih muda menurut American Academy of Dermatology. Untuk efek anti penuaan yang lebih optimal, pilih pelembap yang mengandung tabir surya. Tabir surya akan melindungi kulit wajah dari photoaging yang disebabkan oleh matahari. Pilih pelembap dengan minimal SPF 30 dan kemampuan untuk memblok UVA dan UVB.

3. Tidak cukup tidur

Kurang tidur dapat mengurangi pancaran kemudaan pada kulit. Sebaliknya, individu yang tidur dengan cukup memiliki pemulihan skin barrier 30 persen lebih baik dan memiliki intrinsik penuaan kuliy yang lebih rendah secara signifikan. Upayakan untuk mendapatkan tidur minimal tujuh jam per hari. 

4. Konsumsi alkohol

Alkohol dapat membuat kulit dehidrasi dan menyebabkan inflamasi. Dua hal ini merupakan penanda penuaan dini. Konsumsi alkohol akan memicu munculnya kerut halus, keriput, kemerahan, hingga bengkak pada kulit.

5. Konsumsi gula berlebih

Studi menunjukkan bahwa pola makan tinggi gula atau karbohidrat sederhana lain dapat mempercepat penuaan. Gula juga dapat menyebabkan keriput karena gula mengikat protein di kulit yang membuat kulit tampak muda. Perbaiki pola makan dengan lebih memperbanyak konsumsi makanan utuh, sehat, dan bergizi, termasuk sayur dan buah agar terhindar dari penuaan dini.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA