Rabu 22 Sep 2021 15:42 WIB

Film Horor yang Tampilkan Ketakutan dengan Cara Berbeda

Beberapa film menampilkan sosok menakutkan dengan cerita yang langka.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Film Hereditary.
Foto: A24
Film Hereditary.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Tujuan dari film horor adalah membuat penonton merasa ketakutan dari visualisasi yang disajikan. Namun apa jadinya jika hal yang ditakuti itu berbeda dari cerita kebanyakan? 

Beberapa film menampilkan sosok menakutkan atau hantu yang menjadi ancaman dengan gaya atau cerita langka. Namun gaya ini justru dapat membuat kesan cerita film menjadi jauh lebih seram. Cara ini secara signifikan lebih mendebarkan bagi pemirsa.

Berikut beberapa film yang tidak secara langsung memperlihatkan ancaman atau sumber konflik dengan cara tidak monoton, seperti dilansir di laman CBR, Selasa (21/9): 

1. The Mist (2007): kehadiran kabut

photo
Film The Mist. - (Metro-Goldwyn-Mayer)

 

Film The Mist mengungkapkan betapa banyak orang bergantung pada indra penglihatan, melemparkan penjahatnya ke dalam kabut tebal yang menyelimuti seluruh kota Bridgton, Maine. Monster dari mutasi arakhnida ke serangga cacat mengelilingi swalayan yang berisi pemeran utama film, tetapi kurangnya visibilitas menghambat waktu reaksi dan tingkat pengetahuan. Kabut membuktikan bahwa kehadirannya antara salah dan benar, sebuah filosofi yang diterapkan pada pahlawan dan penjahat secara setara.

2. Hereditary (2018): Paimon jadi Peter

photo
Salah satu adegan dalam film Hereditary. - (independent.co.uk)

 

Keluarga Graham hancur ketika Charlie yang berusia 13 tahun terbunuh secara mengerikan dalam kecelakaan mobil. Kakaknya Peter menyalahkan dirinya sendiri atas perannya dalam kematian adiknya. Annie sangat ingin menghubungi putrinya, melakukan pemanggilan arwah yang menghasilkan lebih banyak masalah supernatural dari yang diharapkan.

Cerita akhirnya mengarah ke Paimon, seorang raja iblis yang merasuki Annie dan memaksanya untuk menyerang putranya. Peter kemudian menjadi tuan rumah entitas dan menjalani upacara penobatan yang menakutkan. 

3. Oculus (2013): cermin antik yang lugu

photo
Film Oculus. - (Relativity Media)

 

Karakter antagonis di film Oculus adalah cermin antik yang diduga memanipulasi dan menipu orang-orang yang mengintip ke dalam peraknya yang berdebu. Hal ini menyebabkan keluarga Russell berubah sekaligus secara tidak langsung membunuh Marie dan Alan sebagai karakter orang tua. Sepuluh tahun kemudian, dua anak bernama Tim dan Kaylie mencoba mengungkap rahasia cermin. Oculus adalah film horor di mana penjahat tak terlihat menang.

4. Gerald's Game (2017): halusinasi Jessie 

photo
Film Geralds Game. - (Netflix)

 

Gerald percaya membawa Jessie ke fantasi seksual adalah jalan untuk memperkuat hubungan hampa di antara mereka. Gerald kemudian meninggal karena serangan jantung yang tak terduga, meninggalkan Jessie untuk menghabiskan beberapa hari berikutnya berhalusinasi dengan segala sesuatu di bawah matahari dan reinkarnasi suaminya ke "manusia cahaya bulan." 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement