Rabu 22 Sep 2021 15:04 WIB

KAI Daop 2 Bandung Operasikan Kembali  Empat KA Lokal

KAI Daop 2 Bandung secara adaptif menyesuaikan layanan KA di tengah pandemi Covid-19.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Fuji Pratiwi
Logo baru KAI. PT KAI (Persero) Daop 2 mengoperasikan kembali KA lokal.
Foto: dok PT KAI
Logo baru KAI. PT KAI (Persero) Daop 2 mengoperasikan kembali KA lokal.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 2 Bandung mengoperasian seluruh kereta api (KA) lokal mulai Rabu 22 September 2021.

Menurut Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung Kuswardoyo, seluruh perjalanan kereta api  lokal di wilayah KAI Daop 2  kembali dijalankan (KA Bandung Raya lintas Cicalengka-Padalarang, KA Cibatuan lintas Cibatu-Purwakarta, KA Walahar Ekspres lintas Purwakarta-Cikarang dan KA Siliwangi lintas Cipatat-Sukabumi) dengan kapasitas tempat duduk 50 persen dari jumlah tempat duduk yang disediakan.

Baca Juga

KAI Daop 2 Bandung secara adaptif menyesuaikan layanan kereta api di tengah pandemi Covid-19. "Kami tetap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui moda transportasi kereta api di masa PPKM ini," ujar Kuswardoyo kepada wartawan.

Kuswardoyo mengingatkan kembali berbagai protokol kesehatan yang harus dipenuhi pelanggan saat akan naik kereta api pada masa pandemi Covid-19 sesuai SE Kemenhub No 69 tahun 2021.

Pelanggan, kata dia, harus mematuhi protokol kesehatan dengan baik. Selain itu, pelanggan juga harus dalam kondisi sehat dan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius.

Sedangkan syarat naik KA Lokal tersebut, kata dia, pelanggan diharuskan untuk sudah divaksin minimal dosis pertama. Untuk dokumen STRP, Surat Tugas, atau surat keterangan lainnya sudah tidak lagi menjadi syarat untuk naik KA Lokal. Selanjutnya, bukti vaksinasi Covid-19 tersebut akan dicek oleh petugas melalui layar komputer petugas boarding sebelum naik kereta.

Data vaksinasi, kata dia, akan otomatis muncul pada layar komputer petugas boarding. Sebab KAI telah mengintegrasikan aplikasi PeduliLindungi dengan sistem boarding dan mewajibkan calon pelanggan menyertakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada saat pembelian atau pemesanan tiket KA Lokal. 

"Jika data tidak muncul pada layar komputer petugas, maka pemeriksaan akan dilakukan secara manual dengan menunjukkan kartu vaksin calon pelanggan," kata dia.

Menurut Kuswardoyo, bagi pelanggan dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan tidak dapat menerima vaksin, wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.

Selain itu, kata dia, pelanggan dengan usia di bawah 12 tahun masih tidak diperkenankan melakukan perjalanan dengan kereta api.

Layanan Kereta Api tetap hadir untuk membantu mobilitas masyarakat yang tetap harus bepergian di masa pandemi Covid-19. "KAI Daop 2 selalu mematuhi seluruh kebijakan pemerintah dalam hal penanganan Covid-19 pada moda transportasi kereta api," kata Kuswardoyo.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement