Sunday, 1 Jumadil Awwal 1443 / 05 December 2021

Sunday, 1 Jumadil Awwal 1443 / 05 December 2021

Bersihkan Mesin Kopi dengan Cuka Hingga Pembersih Gigi

Rabu 22 Sep 2021 15:01 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Nora Azizah

Mesin kopi membutuhkan perawatan dan cara membersihkan yang khusus.

Mesin kopi membutuhkan perawatan dan cara membersihkan yang khusus.

Foto: www.freepik.com
Mesin kopi membutuhkan perawatan dan cara membersihkan yang khusus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meracik kopi dengan menggunakan mesin kopi merupakan hal yang menyenangkan bagi para pecinta kopi. Selain mudah dan bisa dilakukan di rumah, Anda bisa menghemat uang dengan meracik kopi sendiri.

Namun demikian, menggunakan mesin kopi juga perlu memperhatikan perawatan dan kebersihannya. Hal itu agar mesin kopi tetap berfungsi secara optimal dan cita rasa kopi tetap enak. Merawat kebersihan mesin kopi secara rutin akan menghasilkan kualitas hasil espresso yang maksimal.

Penting untuk memperhatikan mineral yang menumpuk di teko kopi Anda. Air yang digunakan melalui coffee maker mengandung mineral, seperti kalsium dan magnesium, yang kemudian menumpuk seiring waktu. Penumpukan mineral ini bisa mempengaruhi seberapa cepat mesin kopi Anda membiarkan air menetes dan tentunya mempengaruhi rasa kopi.

Sebagai alternatif, membersihkan kerak pada coffee maker umumnya bisa dilakukan dengan mengalirkan cuka melalui mesin (tanpa kopi di filter basket), diikuti dengan beberapa periuk air untuk menghilngkan ketajaman cuka.
 
Selain dengan cuka, ada rutinitas membersihkan kerak pada coffee maker yang lebih sederhana. Sesi "ProblemSolved" dari USA Today membagikan tips sederhana untuk membersihkan mesin kopi, seperti dikutip dari laman EatThis, dilansir Rabu (22/9).

Mesin kopi bisa dibersihkan dengan cara yang sederhana, yaitu dengan menggunakan tablet pembersih gigi palsu. Membersihkan mesin kopi dengan menggunakan tablet gigi tiruan sangat mudah.

Caranya, isi sumber air atau reservoir dengan air, kemudian masukkan satu atau dua tablet gigi palsu ke dalamnya, biarkan mendesis hingga tablet larut, dan mengalirkan air itu melalui mesin kopi. Selanjutnya, buang air tersebut dan alirkan air bersih melalui reservoir sekali atau dua kali, hanya untuk memastikan larutan gigi tiruan benar-benar terbilas.

Seperti yang dijelaskan oleh ahli bedah gigi Lee Gouse, DDS (via Cooking Light), tablet gigi palsu terbuat dari bahan-bahan seperti natrium bikarbonat yang juga dikenal sebagai soda kue. Menurut Gouse, saat bereaksi terhadap air, senyawa kimia ini menjadi alat "penggosok mikro" yang menghilangkan deposit mineral. Metode membersihkan dengan tablet gigi palsu ini bisa digunakan untuk  cup maker tunggal serta untuk panci/periuk berukuran penuh.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA