Friday, 23 Rabiul Awwal 1443 / 29 October 2021

Friday, 23 Rabiul Awwal 1443 / 29 October 2021

Ribuan Paket Bantuan Disalurkan demi Gerakkan Ekonomi Warga

Rabu 22 Sep 2021 14:54 WIB

Red: A.Syalaby Ichsan

Serah terima donasi 10.800 paket makanan siap santap dan 1.200 paket sembako dalam rangka HUT ke 8 Centratama Group yang diwakili oleh Director of Sales Yuana Susatyo, kepada Founder Foodbank of Indonesia, M Hendro Utomo Foodbank of Indonesia pada Kamis, 16 September 2021

Serah terima donasi 10.800 paket makanan siap santap dan 1.200 paket sembako dalam rangka HUT ke 8 Centratama Group yang diwakili oleh Director of Sales Yuana Susatyo, kepada Founder Foodbank of Indonesia, M Hendro Utomo Foodbank of Indonesia pada Kamis, 16 September 2021

Foto: Dok FOI-CENT
Bantuan paket sembako didapatkan langsung dari petani dan UMKM lokal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Foodbank of Indonesia (FOI) dan Centratama Grup (CENT) mendorong aktivitas ekonomi warga lewat  pendistribusian bantuan pangan bagi masyarakat terdampak pandemi. Penyaluran bantuan dilakukan dari tanggal 16 September hingga 8 Oktober 2021. Sebanyak 1200 paket sembako dan 10.800 paket makanan siap santap akan diberikan bagi keluarga prasejahtera, anak-anak, lansia dan pekerja informal di wilayah Jakarta, Bekasi, Tangerang dan Bogor. 

Berdasarkan keterangan tertulis yang dikirim kepada Republika.co.id, bantuan paket sembako didapatkan langsung dari petani dan UMKM lokal yang berharap dapat membantu keberlanjutannya di tengah kondisi sulit saat ini. Selain itu, paket makanan siap santap akan disediakan oleh Dapur Pangan FOI (DPF) dan Gerai Pangan FOI yang selama ini biasa memasak dan membagikan makanan kepada masyarakat sekitar. 

Gerakan ini dilakukan karena dampak pandemi Covid-19 yang masih dirasakan khususnya bagi akses masyarakat akan pangan. Pandemi  yang terjadi di Indonesia sejak tahun lalu masih terus berlanjut hingga kini dan membawa dampak besar salah satunya berdasarkan data dari BPS tahun 2021 yang menyebutkan bahwa kemiskinan di Indonesia meningkat hingga 2,7 juta jiwa. Hal tersebut sangat dirasakan khususnya bagi masyarakat dari keluarga prasejahtera yang pendapatannya berkurang hingga harus kehilangan mata pencahariannya. 

Salah satu kebutuhan dasar mereka yang semakin sulit untuk dijangkau adalah bahan pangan. Sebagai upaya untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi khususnya warga prasejahtera, Foodbank of Indonesia berkolaborasi bersama PT Centratama Telekomunikasi Indonesia, Tbk, beserta anak-anak perusahaannya (CENT) memberikan bantuan berupa paket sembako dan paket makanan siap santap. 

Kegiatan ini dimaksud untuk menunjukkan kepedulian terhadap melemahnya perekonomian masyarakat akibat pandemi dengan merangkul petani dan UMKM lokal dalam penyediaan bantuan pangan tersebut. Gerakan ini pun melibatkan Dapur Pangan FOI (DPF) atau dapur pangan berbasis masyarakat yang dikelola FOI bersama relawan serta Gerai Pangan FOI yang merupakan UMKM kuliner yang berkolaborasi bersama dalam penyediaan bantuan makanan. Penyaluran donasi secara simbolis dilakukan pada tanggal Kamis, 16 September 2021 di Manggarai dengan penyerahan paket sembako secara langsung oleh perwakilan pihak CENT kepada Foodbank of Indonesia. 

Kegiatan ini pun dihadiri oleh jajaran manajemen CENT, Founder Foodbank of Indonesia, M. Hendro Utomo, staff FOI dan para relawan. Setelah itu, paket makanan siap santap langsung didistribusikan dengan menggunakan Mobil Pangan Umat (MPU) kepada pekerja informal di wilayah sekitar dibantu dengan pihak CENT bersama relawan. 

Sriutami Satria, koordinator relawan wilayah Manggarai sangat senang dan berterima kasih terhadap bantuan yang diberikan bagi para penerima manfaat di wilayah Manggarai. “Di tengah kondisi pandemi seperti ini banyak saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan khususnya makanan apalagi anak-anak dan lansia sekitar yang rutin diberikan makanan oleh DPF karena kebanyakan dari mereka telah kehilangan mata pencaharian. Adanya donasi makanan dari para donatur FOI seperti CENT sangatlah membantu meringankan beban mereka dan semoga semakin banyak pihak yang tergerak” tutur Sri.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA