Saturday, 10 Rabiul Awwal 1443 / 16 October 2021

Saturday, 10 Rabiul Awwal 1443 / 16 October 2021

Penurunan Kasus, Warga Kalteng Diminta tak Lengah Prokes

Rabu 22 Sep 2021 14:38 WIB

Red: Gita Amanda

Gubernur kalteng Sugianto Sabran meminta masyarakat Kalteng tidak lengah dalam menerapkan protokol kesehatan.

Gubernur kalteng Sugianto Sabran meminta masyarakat Kalteng tidak lengah dalam menerapkan protokol kesehatan.

Foto: dok. Istimewa
Tetap patuh dan disiplin dalam penerapan prokes untuk mencegah penyebaran Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKARAYA -- Meski dalam beberapa waktu terakhir tampak penurunan tajam kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), namun masyarakat diminta tetap disiplin dan tidak lengah protokol kesehatan.

"Tetap patuh dan disiplin dalam penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19," kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran di Palangka Raya, Selasa (21/9).

Baca Juga

Berdasarkan data yang dirilis Tim Satgas Covid-19 Kalteng, terhitung pada Sabtu (18/9) penambahan positif Covid-19 Kalteng sebanyak 51 kasus, Ahad (19/9) sebanyak 42 kasus dan Senin (20/9) sebanyak 34 kasus. Meski penambahan kasus positif baru tak lagi mencapai ratusan di setiap harinya, bukan berarti masyarakat dapat lengah ataupun abai terhadap penerapan prokes di masa pandemi ini.

"Kita harus tetap patuh prokes baik dalam memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak serta menjauhi kerumunan," ungkapnya.

Adapun berdasarkan penjelasan tim komunikasi publik Satgas Covid-19 Kalteng, orang yang berisiko tinggi adalah mereka yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid seperti hipertensi, diabetes, jantung, asma hingga gagal ginjal. Selain itu, orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah, berusia lanjut yakni di atas 60 tahun dan mereka yang mengalami obesitas atau berat badan berlebihan.

Sementara itu dalam beberapa waktu terakhir yakni Kalteng juga sedang fokus dalam penanganan bencana banjir di berbagai wilayah. Dalam upaya penanganan, baik petugas, relawan maupun masyarakat diminta tetap disiplin dalam penerapan prokes ini.

Agar tidak terjadi kembali lonjakan kasus baru Covid-19. Sebab kepatuhan penerapan prokes oleh seluruh lapisan masyarakat tetap menjadi kunci utama mencegah penyebaran virus ini. Selain itu pemerintah juga terus berupaya mempercepat vaksinasi pada berbagai kalangan di seluruh wilayah Kalteng, diantaranya ibu hamil, peserta didik atau pelajar, serta lainnya.

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran juga rutin turun ke lapangan untuk meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi serta memberikan dukungan moril kepada para petugas. Baru-baru ini Gubernur Kalteng didampingi Ketua TP PKK Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran meninjau vaksinasi di sejumlah daerah di DAS Barito, di antaranya KabupatenBarito Utara dan Kabupaten Murung Raya.

sumber : antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA