Rabu 22 Sep 2021 13:08 WIB

Robert Lewandowski Girang Sabet Sepatu Emas Eropa

Lewandowski juga digadang-gadang bakal memenangkan gelar Ballon d'Or.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto
Striker Bayern Muenchen Robert Lewandowski.
Foto: EPA-EFE/Alejandro Garcia
Striker Bayern Muenchen Robert Lewandowski.

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Striker Bayern Muenchen, Robert Lewandowski, tak bisa menyembunyikan rasa bahagianya saat meraih gelar European Golden Shoe, Rabu (22/9) WIB. Ia meraihnya setelah membukukan 41 gol di musim 2020/2021 sekaligus menjadi top skorer sepak bola Eropa.

Lewandowski menjadi pemain kedua yang berkarier di Jerman setelah Gerd Muller yang meraih gelar yang sama pada 1972 silam. Tak ada yang mampu menyamai catatan gol pemain berusia 33 tahun itu musim lalu di kompetisi Eropa.

"Saya mendedikasikan penghargaan ini untuk orang-orang yang selalu di samping saya setiap hari," kata Lewandowski seperti dilansir BBC Sport, Rabu (22/9).

Prestasi yang ditorehkan Lewandowski tercatat menjadi yang terbaik kedua setelah Cristiano Ronaldo menyarangkan total 48 gol di tahun 2015. Musim ini, ia sukses mengangkangi Messi yang hanya mencetak 30 gol dan Ronaldo 29 gol.

"Saya ingin berterima kasih pada keluarga, rekan setim, staf pelatih, dan seluruh anggota FC Bayern. Saya tidak bisa memenangkan ini tanpa dukungan mereka," ujar Lewandowski. "Dalam olahraga, seperti kehidupan, penting bagi kita untuk saling menghargai, adil terhadap sesama manusia, dan berusaha menjadi contoh bagi orang lain. Saya sangat senang dengan prestasi yang diraih oleh tim ini."

Kegemilangan Lewandowski di usia yang terbilang sudah tidak muda membuat namanya masuk ke dalam jajaran peraih Ballon d'Or (pemain terbaik dunia) tahun ini.

Lewandowski bahkan digadang-gadang memenangkan gelar pemain terbaik itu tahun lalu. Namun karena pandemi Covid-19 menghantam dunia, penganugerahan Ballon d'Or edisi 2020 batal dilaksanakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement