Rabu 22 Sep 2021 12:00 WIB

Wali Kota Manila Maju dalam Pemilihan Presiden Filipina

Domagoso akan berpasangan dengan Dokter Willie Ong di Pilpres Filipina.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
Francisco Moreno Domagoso (kanan).
Foto: AP PHOTO
Francisco Moreno Domagoso (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Wali Kota Manila  Francisco Domagoso mengaku akan maju dalam pemilihan presiden Filipina 2022. Domagoso seorang mantan selebriti yang sebelumnya menggunakan nama panggung Isko Moreno.

Pria berusia 47 tahun itu adalah politisi ketiga yang mencalonkan diri dalam pemilihan presiden. Ia salah satu kandidat unggulan dalam jajak pendapat.

Baca Juga

"Terima pengajuan saya sebagai presiden, saya mungkin tidak memberi pemerintahan yang sempurna, tapi bersama-sama kami dapat membuatnya lebih baik," kata Domagoso dalam konferensi pers yang digelar di pemukiman miskin di Manila, Rabu (22/9).

Domagoso yang tumbuh di pemukiman kumuh terpilih sebagai wali kota Manila pada 2019 lalu. Ia mengalahkan pejawat dan mantan Presiden Joseph Estrada. Namun ia gagal mencalonkan diri dalam pemilihan Senat.

Di periode pertamanya di Manila ia menggelar program bersih-bersih. Membersihkan jalan raya yang sebelumnya dipadati pedagang kaki lima.

Saat masih kecil untuk membantu orang tuanya ia mengumpulkan sampah. Di sebuah pemakaman seorang pencari bakat menemukannya lalu dan meluncurkan karirnya di dunia hiburan.

Domagoso akan berpasangan dengan Dokter Willie Ong yang akun Facebook-nya diikuti 16 juta pengguna. Ong gagal dalam pemilihan Senat tahun 2019. Di Filipina, presiden dan wakil presiden dipilih secara terpisah.

Saat ini mantan Kepala Kepolisian Panfilo Lacson dan petinju  Manny Pacquiao sudah menyatakan maju dalam pemilihan presiden. Keduanya anggota Senat.

Presiden Rodrigo Duterte yang tidak bisa maju dalam pemilihan kedua mengkonfirmasi akan maju sebagai wakil presiden. Kritikusnya mengatakan Duterte ingin mempertahankan kekuasaan.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement