Rabu 22 Sep 2021 11:34 WIB

Kemenparekraf dan Pegipegi Dukung Pemulihan Pariwisata

Kedua pihak bekerja sama co-branding dan pertukaran data terkait CHSE.

Logo Wonderful Indonesia. Kemenparekraf bekerja sama dengan Pegipegi mendorong pemulihan pariwisata.
Foto: Kementerian Pariwisata
Logo Wonderful Indonesia. Kemenparekraf bekerja sama dengan Pegipegi mendorong pemulihan pariwisata.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan biro perjalanan daring (OTA) Pegipegi membangkitkan kembali industri pariwisata Indonesia dalam rangka mendorong percepatan dan pemulihan Tanah Air.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengapresiasi kolaborasi brand-brand nasional dan internasional yang ingin memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia bersama. "Ini merupakan wujud kebersamaan dan sinergi yang harus terus ditingkatkan agar Indonesia dapat segera bangkit dari kondisi saat ini," kata Sandiaga dikutip dari keterangan resmi, Rabu (22/9).

Baca Juga

Kerja sama tersebut berupa co-branding dan pertukaran data yang berhubungan dengan Clean and Safe dan Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability (CHSE). Bentuk kerja sama yang akan dilakukan antara Kemenparekraf dan Pegipegi adalah dengan memberikan dukungan untuk meningkatkan wisatawan domestik dengan cara memastikan wisata tetap aman dari Covid-19 dan meningkatkan kunjungan ke destinasi super prioritas.

Perlindungan dari Covid-19 untuk konsumen dilakukan lewat fitur Clean and Safe pada aplikasi Pegipegi untuk memberikan filter bagi hotel yang memiliki fasilitas tersebut. Akomodasi yang memiliki fitur ini telah lolos uji terhadap lingkungan, kebersihan kamar, restoran & penatu, serta staf hotel yang terlatih.

Tujuan dari fitur ini adalah untuk memberikan kenyamanan dan keamanan dengan standar kebersihan tinggi di berbagai hotel pilihan. Selain itu, Pegipegi mendorong agar masyarakat dapat menjelajah lebih banyak destinasi di Indonesia salah satunya adalah lima Destinasi Super Prioritas yaitu Borobudur, Danau Toba, Labuan Bajo, Likupang, dan Mandalika. Nantinya di aplikasi tersebut akan tersedia informasi spesifik terkait tips di 5 Destinasi Super Prioritas.

Deputi Bidang Pemasaran Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nia Niscaya menjelaskan, kerja sama kemitraan co-branding ini diwujudkan tidak hanya dengan menampilkan logo Wonderful Indonesia pada kemasan produk mitra co-branding, tetapi juga dengan berbagai macam program lainnya.  Antara lain, aktivasi luring dan daring bersama, adanya produk khusus yang diproduksi oleh mitra, kegiatan kolaborasi bersama-sama dengan satu atau lebih mitra yang dapat saling mendukung.

"Selain itu, berbagi ilmu yang dimiliki oleh mitra kepada industri pariwisata agar mereka bisa semakin tumbuh dan kuat bersaing di kancah internasional," kata Nia.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement