Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Pertamina Kembali Hadirkan Marketplace SMEXPO 2021

Selasa 21 Sep 2021 22:27 WIB

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Pertamina SMEXPO. PT Pertamina (Persero) pada tahun ini kembali menghadirkan SMEXPO 2021, sebuah virtual exhibition dan marketplace yang ditujukan untuk lebih mengembangkan UMKM Mitra Binaan Pertamina. Sama seperti tahun lalu, pelaksanaan Pertamina SMEXPO 2021 tidak hanya berfokus pada virtual exhibition dan marketplace saja tetapi meningkatkan keterampilan mitra binaan agar bisa Go Global.

Pertamina SMEXPO. PT Pertamina (Persero) pada tahun ini kembali menghadirkan SMEXPO 2021, sebuah virtual exhibition dan marketplace yang ditujukan untuk lebih mengembangkan UMKM Mitra Binaan Pertamina. Sama seperti tahun lalu, pelaksanaan Pertamina SMEXPO 2021 tidak hanya berfokus pada virtual exhibition dan marketplace saja tetapi meningkatkan keterampilan mitra binaan agar bisa Go Global.

Foto: Pertamina
Pertamina SMEXPO 2021 juga memiliki fokus tingkatkan keterampilan mitra binaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pertamina (Persero) pada tahun ini kembali menghadirkan SMEXPO 2021, sebuah virtual exhibition dan marketplace yang ditujukan untuk lebih mengembangkan UMKM Mitra Binaan Pertamina. Sama seperti tahun lalu, pelaksanaan Pertamina SMEXPO 2021 tidak hanya berfokus pada virtual exhibition dan marketplace saja tetapi meningkatkan keterampilan mitra binaan agar bisa Go Global.  

Menurut Pjs. Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina, Fajriyah Usman, Pertamina SMEXPO mempersiapkan UMKM Mitra Binaan untuk dapat lebih beradaptasi dengan pasar internasional.

“Kami mempersiapkan program-program pelatihan digital, pembinaan dan pendampingan akses pasar global serta pendanaan untuk mendukung UMKM Go International,” ujar Fajriyah.

Fajriyah mengungkapkan, Pertamina SMEXPO 2021 memiliki tagline baru, yaitu “Berani Keren se-Indonesia,” Dengan tagline ini, Pertamina SMEXPO 2021 diharapkan dapat membangkitkan semangat masyarakat mendukung UMKM Indonesia dengan tampil keren menggunakan produk-produk UMKM.

“Kalau bukan kita yang mencintai Indonesia, mencintai produk UMKM hasil karya anak bangsa sendiri, siapa lagi?” tandas Fajriyah.

Fajriyah menegaskan, SMEXPO 2021 merupakan salah satu langkah Pertamina mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) yang acaranya akan dipusatkan di Kalimantan Timur pada Oktober 2021. Bangga Buatan Indonesia adalah gerakan nasional berbentuk gotong royong dari UMKM untuk UMKM Indonesia.

“Karena itu, Pertamina melalui SMEXPO juga akan ikut mendukung acara yang memiliki semangat yang sama untuk kemajuan UMKM Indonesia,” imbuh Fajriyah.

Pertamina SMEXPO 2021 merupakan salah satu bentuk implementasi SDGS poin 8 yakni mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan serta tenaga kerja penuh dan produktif. Dengan tujuan ini, Pertamina SMEXPO 2021 diharapkan dapat membantu masyarakat mendapat pekerjaan yang layak dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Pertamina SMEXPO 2021 juga merupakan bagian dari tanggung jawab lingkungan dan sosial Pertamina demi meningkatkan ekonomi masyarakat. Hal ini sejalan dengan ESG (Environmental, Social, and Governance) yang dijalankan Pertamina di seluruh lini bisnis dan wilayah operasi perusahaan.

Seperti diketahui, sebelumnya Pertamina menggelar SMEXPO 2020 selama tiga hari pada tanggal 9 hingga 11 September 2020. Acara ini menghadirkan 1.780 produk UMKM dari 100 mitra binaan Pertamina yang terpilih.

Produk yang ditampilkan sangat beragam, mulai dari kategori fashion, kuliner, agrobisnis hingga kerajinan tangan. Tidak hanya sekadar pameran, acara ini juga dilengkapi dengan berbagai kegiatan seperti coaching clinic, business forum, fashion show, games, hingga artist performance yang semuanya dilaksanakan secara virtual.

Pada kegiatan tahun lalu, Pertamina SMEXPO mendapatkan penghargaan Rekor MURI sebagai Expo UMKM secara Daring dengan Produk Terbanyak. Gelaran acara yang dilakukan selama tiga hari ini juga mencatat sebanyak lebih dari 30.000 pengunjung ke situs yang menampilkan virtual exhibition dan marketplace.

Sebanyak 6.756 akun tercatat telah melakukan registrasi. Selain itu, event tersebut juga membukukan data transaksi penjualan lebih dari Rp 40 juta dari 162 transaksi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA