Selasa 21 Sep 2021 21:26 WIB

Kepala WHO Temui Taliban Tinjau Kebutuhan Kemanusiaan

Kepala WHO mengunjungi Kabul di tengah meningkatnya krisis kemanusiaan

Kepala WHO mengunjungi Kabul di tengah meningkatnya krisis kemanusiaan di Afghanistan.
Kepala WHO mengunjungi Kabul di tengah meningkatnya krisis kemanusiaan di Afghanistan.

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD - Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Ghebreyesus bertemu dengan para pemimpin Taliban di Afghanistan pada Selasa untuk mencari cara dan sarana dalam mendukung negara itu yang tengah bergulat dengan kebutuhan kemanusiaan.

Tedros yang mendarat di Kabul pada Senin, menemui penjabat Menteri Luar Negeri Taliban Amir Khan Mutaqi pada Selasa untuk membahas situasi kemanusiaan di Afghanistan.

Baca Juga

"Penundaan bantuan kemanusiaan merusak status dan reputasi masyarakat internasional," ungkap juru bicara Taliban, Ahmadullah Mutaqi, mengutip penjabat menlu.

Tedros juga akan menemui Mohammad Hassan Akhund, kepala menteri Kabinet Taliban, beserta para wakilnya untuk mendapatkan gambaran umum tentang situasi di negara itu.

Menurut kantor berita Bakhtar yang dikelola pemerintah, Tedros mengatakan bahwa WHO sedang mengupayakan peningkatan bantuan ke Afghanistan untuk mencegah "bencana" kemanusiaan.

Para pemimpin Taliban, sementara itu, berjanji untuk menghilangkan “hambatan” untuk melindungi pekerja kemanusiaan dan kantor penyalur bantuan.

Berdasarkan prakiraan Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA), Afghanistan memiliki jumlah orang terbanyak kedua dunia yang berisiko menghadapi krisis pangan, di mana 5,5 juta anak terancam kelaparan selama paruh kedua tahun ini.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/kepala-who-temui-taliban-tinjau-kebutuhan-kemanusiaan-di-afghanistan/2370711
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement