Saturday, 2 Jumadil Awwal 1444 / 26 November 2022

PPP Minta Pemerintah Serius Sikapi Penyerangan Ustadz

Rabu 22 Sep 2021 00:10 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Mas Alamil Huda

Tangkapan layar saat terjadinya penyerangan terhadap Ustadz Chaniago yang sedang berceramah di Batam.

Tangkapan layar saat terjadinya penyerangan terhadap Ustadz Chaniago yang sedang berceramah di Batam.

Foto: Tangkapan layar akun youtube: Warna Dakwah
Penyerangan terhadap ustadz bukan kali pertama terjadi di masa pemerintahan Jokowi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum DPP PPP Amir Uskara menanggapi penyerangan Ustadz Abu Syahid Chaniago saat berceramah di Masjid Baitus Syakur, Batam, Kepulauan Riau. Ia mendesak pemerintah serius menyikapi aksi penyerangan terhadap pemuka agama.

Amir menyinggung insiden penyerangan terhadap ustadz bukan kali pertama terjadi di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo. Ia menyayangkan belum ada tindakan tegas atas masalah itu agar tak lagi terjadi.

"Terulangnya penyerangan yang terjadi di Batam terhadap ustadz Abu Syahid perlu menjadi perhatian pemerintah dan tokoh-tokoh agama, terlepas apapun motifnya kejadian seperti ini tidak boleh dibiarkan," kata Amir kepada Republika.co.id, Selasa (21/9).

Amir menyerukan supaya semua pihak bisa duduk bersama guna menemukan solusi. "Harus ada solusi, baik dari aparat keamanan maupun dari tokoh-tokoh agama agar kejadian serupa tidak terulang lagi," ujar anggota DPR RI tersebut.

Selain itu, Amir mengimbau supaya umat Muslim tidak terpancing provokasi atas penyerangan tersebut. Ia berharap kepolisian menyelidiki kasus ini hingga tuntas.

"Umat harus tetap tenang dan menyerahkan persoalan yang ada kepada aparat kepolisian untuk melakukan proses hukum kepada pelaku sekaligus melakukan pendalaman motif dari pelaku untuk bisa menyampaikan kepada masyarakat secara transparan," imbau Amir.

Sebelumnya, beredar video di Youtube seorang ustadz yang sedang berceramah di masjid diserang oleh seorang pria. Dalam deskripsinya, disebutkan Ustadz Chaniago adalah seorang penceramah di Batam. Kejadian penyerangan itu terjadi pada Senin (20/9).

Dalam video tersebut, terlihat ketika sang ustadz sedang berceramah di hadapan jamaah, ada seorang pria tidak berpeci dan memakai celana jeans dan kemeja agak gelap, berlari ke arah ustadz Chaniago. 

Dia berusaha untuk memukul ustadz. Namun, sang ustadz telah melihat orang itu sehingga tampak sang ustadz menghindar. Hingga saat ini, pelaku penyerangan dikabarkan sudah ditangkap oleh kepolisian.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA